Cara Agar Penghasilan Adsense Halal dan Berkah

Artikel ini saya khususkan untuk para blogger adsense yang ingin hijrah, dan ingin lebih berkah penghasilanya. dan sebagai disclaimer, anda boleh memiliki pendapat sendiri tetang halal haram, dan mohon tidak berdebat karena setiap orang memiliki dasar sendiri-sendiri tentang apa yang haram yang halal dan maka yang berkah.

Jadi ambil yang menurut anda cocok untuk anda, dan jangan ambil yang tidak cocok untuk anda.

Azab Harta Haram

Ada banyak celah keharaman yang kita lakukan ketika bekerja sebagai blogger, saya harap anda memikirkan hal ini dan tidak memilih yang menurut anda menguntungkan anda.

berfikirlah dengan logika dan akal anda, dan jangan berpikir dengan nafsu anda yang ingin mencari celah mencari alasan untuk keuntungan anda.

Hal yang menjadi celah haram nya penghasilan kita antara lain

  • Membiarkan website mengiklankan iklan haram
  • Bekerja dengan laptop windows bajakan
  • Menggunakan software bajakan untuk kerja
  • Menggunakan Foto yang bukan hak nya.
  • Copas artikel tanpa ijin
  • Mencuri konten tanpa ijin.
  • Menggarap Niche haram

Nah, yang akan pertama kita bahas agar website kita penghasilan adsensenya lebih halal dan berkah, maka hal yang bisa kita lakukan adalah :


Blokir Iklan Adsense Haram

Anda pasti sadar, kalo iklan yang muncul di website kita itu ada yang baik ada yang ndak, bahkan ada yang jelas jelas mempromosikan produk haram seperti judi online ataupun kredit riba.

Jika anda tetap membiarkan iklan tersebut di website anda, berarti anda kan ikut andil mempromosikan hal tersebut, jadi….

Jika anda ingin lebih berkah, alangkah baiknya jika anda memblokir iklan adsense yang haram tersebut.

Caranya

1. Buka Dashbor adsense

2. Buka Pusat peninjauan iklan

3. Blokir iklan yang anda nilai haram


Utamakan Blokir iklan RIBA

Saya sangat menyarankan untuk mengutamakan blokir iklan riba, seperti pinjaman online, Perbankan non-syariah, asurasi non-syariah, Kredit Motor, HP, mobil.

Kenapa kok harus mengutamakan ini..?

Karena riba itu adalah dosa besar yang di nas di alquran akan diperangi oleh Alloh, jadi utamakan blokir iklan riba ya.

Berikut ini adalah contoh iklan riba (menurut saya)

Untuk anda yang tidak setuju dengan saya, tidak apa-apa, silahkan blokir saja iklan yang anda anggap riba.

Setelah blokir iklan riba, anda bisa blokir iklan-iklan yang haram lain seperti miras, judi, dan lain lain.

Efek Samping Blokir Iklan Adsense haram

Anda harus bersiap siap ketika blokir iklan adsense, karena blokir iklan adsense itu ada efeknya di penghasilan adsense anda.

Efek ini antara lain

CPC Turun

Hal pertama yang kemungkinan bakal terjadi adalah, CPC anda akan turun..

Alasanya adalah karena ketika anda memblokir iklan, anda akan mengurangi persaingan bid iklan di website anda. sehingga persaingan bid semakin rendah.

Sehingga mengakibatkan CPC anda turun.

Berikut ini adalah CPC sebelum blokir iklan di salah satu akun adsense saya. untuk yang setelah blokir insyaAlloh akan diupdate nanti kalo udah kelihatan.

CTR Turun atau malah Naik

Ketika anda memblokir iklan yang sesuai dengan niche artikel anda, kemungkinan CTR anda akan turun, Misal Niche anda adalah niche kecantikan, dan anda memblokir iklan kecantikan yang membuka aurot, maka otomatis yang akan muncul di blog anda hanya iklan yang bukan kecantikan.

Hal ini bisa menyebabkan CTR anda turun.

Ketika anda memblokir iklan yang tidak sesuai dengan niche anda, kemungkinan CTR Malah naik. ketika anda memblokir iklan yang tidak sesuai niche anda, maka ini bisa meningkatkan CTR anda.

Namun ingat, terlalu banyak memblokir iklan akan berdampak pada CPC, maka anda harus siap dengan hal ini.

Penghasilan Turun

Ketika CPC anda menurun, maka ini akan berdampak pada RPM halaman yang otomatis akan berdampak pada penghasilan anda.

Untuk berapa banyak penurunanya sendiri sangat tergantung dengan anda berada di niche apa, dan berapa banyak iklan yang anda blokir serta yang anda blokir adalah iklan relevan atau iklan non-relevan.

Patokan Utama RPM Halaman

Untuk mengetahui dampak blokir iklan adsense ke penghasilan anda, yang harus anda pantau adalah RPM halaman anda, karena jika Meskipun CPC turun, tapi CTR naik drastis, bisa jadi malah penghasilan anda juga naik.

Atau bisa jadi CPC anda naik tapi CTR anda turun, bisa jadi penghasilan anda turun.

Jadi patokan dampak penghasilan anda menurun atau tidak, anda bisa menggunakan RPM halaman sebagai patokan.


Gunakan Software Original Untuk Kerja

Jika anda ingin penghasilan website anda dan juga adasense anda berkah dan lebih halal, usahakan untuk menggunakan software original.

Saya tau kalo ini bakal mahal terutama untuk pemula, tapi saran saya, tanamkan niat untuk membeli software asli ya…

Karena software bajakan itu seperti mencuri alat orang lain.

Yang harus anda paling dahulukan adalah membli OS windows dulu, jika anda memakai windows bajakan… anda juga bisa menggunakan windows 10 yang anda bisa download di websitenya.

Anda bisa memakainya tanpa harus mengaktifasinya.

Tapi kalo misalkan anda memang butuh, belilah yang versi original. untuk yang murah, anda bisa membelinya di rajalisensi.com, katanya sih disini dijamin ori dan harganya terjangkau juga (claim nya sih begitu) jadi ya kalo dia bohong itu dosa dia… kita tinggal beli saja.


Gunakan Foto Yang Legal

Website anda kan sudah pasti pakek gambar kan.. jadi usahakan menggunakan gambar yang legal, sehingga website anda bisa lebih halal.

Untuk mendapatkan gambar yang legal, anda bisa mengambil gambar sendiri, menggunakan free stock photo, beli stock photo premium, atau anda juga bisa mengambil gambar di website yang memang mengijinkan gambarnya diambil.

Anda juga bisa mengambil gambar di facebook, di youtube, atau diwebsite orang, dengan meminta ijin terlebih dahulu.


Bagaimana kalau ahirnya Penghasilan malah turun?

Jika anda sudah berusaha, dan ahirnya penghasilan anda malah turun, bagaimana?

kalo menurut saya sih, mungkin benar secara nominal penghasilan anda turun, tapi secara keberkahan insyaAlloh rejeki anda akan semakin berkah.

Dan ketika rejeki anda berkah, rejeki tersebut akan bermanfaat dan mendatangkan kebahagiaan untuk anda.

Sedangkan harta yang haram malah pada ahirnya akan menyusahkan anda.


Kesimpulan

Intinya sih, kalo ingin penghasilan anda semakin halal dan berkah, maka blokir saja iklan haram di website anda, terutama yang riba, dan juga gunakan peralatan yang halal dan bukan bajakan. serta jangan mencuri konten milik orang lain, entah itu artikel atau gambar.

2 tanggapan pada “Cara Agar Penghasilan Adsense Halal dan Berkah”

  1. Jadi intinya 99,9% aktifitas dunia blogging haram. hanya 0,1% yg halal.

    Lantas, bagaimana jika?

    #Membiarkan website mengiklankan iklan haram (sebagian pasti tidak menahu soal ini, sebab iklan pasti selalu update baru, beda lagi kalau kita sama-sama update di setiap harinya untuk memilih iklan yg sesuai kaidah halal)

    #Bekerja dengan laptop windows bajakan (Apakah anda pakai windows original?)

    #Menggunakan software bajakan untuk kerja (Apakah software anda sudah sepenuhnya pakai yg original?)

    #Menggunakan Foto yang bukan hak nya. (Sudahkah anda pakai hasil jepretan sendiri atau minta izin ke yg pnya foto?)

    #Copas artikel tanpa ijin. (Nah, bagaimana dg hukum rewrite artikel? kalau haram brarti jasa penulis artikel semua itu haram donk? lalu bagaimana dg jasa backlink dan sebagainya?

    #Mencuri konten tanpa ijin. (Jadi semua media haram donk? mgkn sebagian hasil dari rewrite? kecuali memang meliput berita atau sejenisnya secara real)

    #Menggarap Niche haram. (Soal ini no comment, karena tidak garap niche tersebut)

  2. saya ndak bilang 99.9% aktifitas blogging haram lho ya,,, karena saya ndak pernah riset dan membuktikan, karena bilang 99,9% itu harus ada data lho ya, soalnya ada persentase nya..hehe

    .
    Saya pakek windows ori om, ms office saya juga ori, saya yakin banyak kok temen2 yang pakek windows ori, atau pakek windows yang ndak diaktifasi, atau pakek linux, atau pakai mac os, atau pakek OS gratisan, yang legal….

    Menurut saya rewrite itu insyaAlloh ndak papa om, kan ndak Copas (Sekdar info copas itu singkatan COPY PASTE atau sama persis, kalo rewrite kan tidak COPY PASTE), kecuali kalo informasi yang disediakan itu adalah iformasi yang harus dirahasiakan, dan bukan informasi umum.
    .
    Ya, saya pikir sampean sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dan silahkan anda pilih yang menurut hati nurani anda baik…saya tidak akan membela diri saya karena dosa saya juga banyak, bahkan mungkin masih lebih banyak dosa saya dari pada anda…
    .
    Ya saran saya sih ikuti hati saja…kalo misalkan masih ragu silahkan tanyakan ke ahlinya, karena sebenarnya ilmu saya juga masih rendah..
    .
    saya hanya menulis yang menurut saya benar, kalo menurut anda ini salah, ya ndak papa, silahkan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *