Lompat ke konten

5 Cara Google Analisa Popularity Sebuah Website

  • oleh

Popularity bisa jadi salah satu ranking factor, karena ketika sebuah website itu populer bisa jadi banyak orang yang percaya dengan website tersebut, dan jika kebanyakan orang percaya, maka google juga percaya. 

Intinya sih POPULARITY = TRUST dan sedikit AUTHORITY

Jadi kalau dia narget sebuah keyword, dia akan lebih tinggi dari website lain, meskipun artikelnya sedikit lebih pendek, atau sedikit kurang lengkap tapi masih di batas quality threshold. 

Setidaknya ada 5 Macam Popularity Signal Yang dipakai Google, apa saja itu

LINK POPULARITY

yang pertama adalah popularity berdasarkan jumlah link atau reffering domain yang nge link ke website. 

Jika banyak website besar yang link ke website tersebut maka semakin populer website tersebut berdasarkan link popularity

Google menggunakan ini sebagai salah satu ranking factor utamanya yaitu dengan algoritma pagerank. 

INDUSTRY POPULARITY

Adalah metrik seberapa populer website di Industri dimana dia berkecimpung, Misal kalau website tersebut berada di industri kesehatan, Seberapa banyak website kesehatan lain yang nge link ke website tersebut. 

Kalau banyak, maka website tersebut populer di industri yang digelutinya. 

CLICK POPULARITY

Kata SEJ sih ini masih kayak teori, tapi intinya sih jumlah klik dari SERP menentukan metrik CLICK Popularity dan juga data dari analytics seperti metrik bounce rate, saya ndak tau tapi bounce rate kayak sama sekali gak ada hubunganya dengan click popularity

BLOG POPULARITY

Kalo menurut saya sih blog popularity itu kayak seberapa kuat brand website tersebut di mata user.

Hal ini bisa di cek berdasarkan seberapa tinggi pencarian nama blog tersebut di Google trend atau di Volume di tool keyword research

Semakin banyak yang nyari, maka semakin populer blog tersebut. 

Intinya sih gitu, tapi ndak tau juga ini cuma catatan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *