Cara Google Menganalisa relevansi artikel,

  • by

Google kalo ditanya apa yang penting dalam seo,, mereka selalu bilang “relevance” dan “helpful”
.
Pertanyaan adalah, apa sih yang di maksud relevance oleh si google…?
.
jawabanya ada di artikel google tentang how search works, yang isinya adalah
.
” Next, algorithms analyze the content of webpages to assess whether the page contains information that might be relevant to what you are looking for.
The most basic signal that information is relevant is when a webpage contains the same keywords as your search query. If those keywords appear on the page, or if they appear in the headings or body of the text, the information is more likely to be relevant. Beyond simple keyword matching, we use aggregated and anonymized interaction data to assess whether search results are relevant to queries. We transform that data into signals that help our machine-learned systems better estimate relevance.”
.
Intinya sih google ngukur relevan ndak nya itu dengan ngeliat apakah di artikel kita terdapat keyword atau tidak, .
.
Kalo misal di heading atau di body terdapat keyword target, maka itu sudah dianggap relevan…
.
Selain itu google juga pakek hal lain untuk ngukur relevansi, yaitu pakek “aggregated and anonymized interaction data” untuk nganalisa apakah web ente relevan atau ndak…
.
jadi bukan hanya keyword saja ya tolok ukurnya…
.
Lalu maksud aggregation itu apa…?
.
maksud aggregation itu adalah “Aggregation is the process of reducing and summarizing tabular data”
.
Lebih jelasnya bisa cek sumber di komen saya dibawah..
.
lalu apa maksud dari “anonymized interaction data”?
.
“Anonymization is a data processing technique that removes or modifies personally identifiable information; it results in anonymized data that cannot be associated with any one individual. It’s also a critical component of Google’s commitment to privacy”
.
Untuk lebih jelasnya cek link di komen…dan juga silahkan baca soal bagaimana dan apa saja data yang dikumpulkan oleh google.
.
tapi ya relevance ini bukan satu satunya rangking factor… ada EAT juga, jadi modal relevance saja seringkali ndak cukup untuk merangking..terutama di keyword persaingan menengah sampai tinggi.
.
cuma catetan….

Selengkapnya soal data yang dikumpulak google bisa cek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *