Dasar SEO : Cara Google Mengatasi Informasi Palsu

  • by

Hal yang paling diutamakan google itu apa sih…?

Yang diutamakan oleh google adalah memberikan informasi paling akurat, valid, terpercaya, dan membantu user. Tapi sayangnya di dunia internet yang semakin berkembang, semakin banyak pula informasi palsu yang beredar.

Yang menyulitkan google untuk memilih artikel mana yang terpercaya yang bisa mengisi halaman 1 google, dan bukan malah menaikan artikel berisi informasi palsu yang membuat user tersesat.

Google Menghabiskan 29 milyar Dollar ke European Media and Information Fund untuk memberantas berita palsu.

Tentu saja jumlahnya bukan main main, dan saya yakin sih google sendiri usaha utamanya adalah bagaiamana bisa google memberikan informasi terbaik untuk user.

PDF Google : Tentang Caranya mengatasi informasi palsu

Google mengeluarkan sebuah PDF yang berisi tentang bagaimana dia membuat algoritma yang bisa meminimalisir informasi palsu untuk naik di SERP.

Keuntungan untuk para SEO apa..?

Tentu saja dengan mengetahui ini kita bisa tau apa yang sebenarnya diinginkan google, sehingga ketika kita tau apa yang dia inginkan, kita bisa memberikanya.

Dan ahirnya kita jadi anak emas google dan google bakal mengutamakan kita di pejwan ketika user mencari sesuatu..

Sama seperti ketika Google mengutamakan website seperti Kompas, CNN, Tempo, Liputan6, Detik, Suara, yang selalu ada di atas SERP ketika kita mencari query berita.

Untuk PDFnya bisa anda download di bawah ini.

Dan berikut ini adalah pembahasan dari PDF ini.

Secara umum ada 3 pokok utama yang digunakan oleh google untuk melawan fake information antara lain

  • Make Quality Count
  • Counteract Malicious Actors
  • Give Users More Context

Make Quality Count : Algoritma Pendeteksi Kualitas

Untuk memastikan informasi yang disajikan benar-benar bagus, Google terus mengembangkan alogaritmanya agar bisa memilah dan memilih mana informasi yang relevan dengan user atau tidak.

Algoritma yang dia buat sendiri di dokumentasikan di artikel berjudul How Search Work.

Berikut ini adalah rangkuman dari dokumentasi google tersebut.

  1. Mengunakan Synonim Query Understanding
  2. Freshness Algorithm
  3. Keyword di Judul dan di dalam body
  4. Konten relevan selain konten (video, alt tag, list)
  5. Algoritma assessing if answer contained in the page
  6. Pagerank
  7. Responsif web design
  8. Core Web vital
  9. User Search history
  10. User Location

Dari dokumen How Search Work, ini saja yang di cantumkan.

Saya yakin sih, banyak yang lain yang gak disebutkan, karena kalo disebutkan dengan gamblang, maka ini akan bikin semakin banyak blogger yang tau celah algoritma google dan kemudian dijadikan celah untuk mengakali sistem.

Saya sendiri sudah merangkum beberapa rangking factor dari beberapa dokumentasi milik google sendiri

Initnya sih ini bisa jadi contekan yang bisa digunakan untuk mendapatkan ranking tinggi di google.

Counteract Malicious Actors : WebSpam Algorithm and Team

Karena google selalu dispam dan diakali oleh para SEO dan blogger, google akan terus mengembangkan algoritmanya untuk mengatasi Aktor (webmaster) yang berusaha mengakali sistem google.

Bagaimana Cara Google Mengatasi Web Spam?

Kalo yang ini sih google ndak bakal bicara ya, karena kalo dia sampek bicara ya bakal jadi momok karena akan dijadikan bahan untuk mengakali google lagi, dan ahirnya algoritma yang dibangun lama akan sia sia.

namun setau saya, yang dipantau oleh google antara lain :

  1. Indikasi backlink manipulation (Paid Link)
  2. Indikasi Spam konten secara massive
  3. Hidden text
  4. Doorway page
  5. Cloaking
  6. Sneaky redirect
  7. Mallicious webpage (mallware)
  8. Auto Generated Content
  9. Phising

Intinya sih berkutat pada itu, dan kalo pengen aman dari ancaman webspam algorithm dan tim webspam, maka hindari saja hal hal diatas.

Untuk para blogger sih kebanyakan masalahnya di Paid link/PBN sih, karena kan untuk bikin website kita semakin authoritative butuh backlink, dan ketika kita ndak bisa nganalisa kualitas PBN atau website yang kita beli, kita bisa beresiko terkena algorithma indikasi Paid Link.

Give Users More Context

Intinya sih google memberikan banyak konteks, se yang saya pahami, intinya sih google menyajikan banyak fitur di SERP yang bisa menyajikan ke user informasi dari Perspektif berbeda, sehingga user bisa melihat.

Kesimpulan

Kesimpulan dari dokumen ini adalah, kita harus bisa memuaskan algoritma google dengan mengirimkan sinyal sinyal yang bisa di deteksi sebagai sinyal relevansi dan kualitas google, dan menghindari larangan yang dideteksi oleh webspam algorithm.

Google itu cuma algoritma yang berdasarkan pada matematika dan logika, Selama kita memberikan sinyal yang benar, maka kita bisa menang insyaAlloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *