Cara Mudah Cek keyword Cannibalization

Keyword Cannibalization adalah ketika 2 atau lebih artikel anda merangking di keyword yang sama, yang menyebabkan artikel tersebut malah kehilangan rankingnya karena.

Hal ini cukup sering di alami oleh pemilik website, terutama yang niche nya sempit, sehingga keyword yang di target cuma berkutat pada topik yang sama.

Keyword cannibalization adalah masalah SEO yang cukup serius, karena hal ini bisa menahan anda mendapatkan traffic yang lebih besar.

Sayangnya untuk mengecek keyword cannibalization ini cukup sulit, apalagi jika tanpa tool.

Sebenarnya cara yang bisa digunakan ada 2, yaitu menggunakan data google search console yang di masukan reportnya ke data studio, dan satu lagi adalah menggunakan SEMRUSH.

Cara Cek keyword Cannibalization

Buka Tool Semrush

Buka Menu position tracking tool

Fungsi position tracking ini adalah untuk memantau perubahan posisi rangking kita di SERP. di dalam fitur inilah terdapat tool cek keyword cannibalization nya.

Jika anda belum setup project anda, silahkan setup terlebih dahulu, anda bisa memasukan domain utama anda yang ingin di cek di kolom yang disediakan.

Isi detail targeting website anda

selanjutnya anda bisa mengisi targeting negara anda, jika anda narget keyword di indonesia, silangkah pilih indonesia, jika visitor anda kebanyakan dari ponsel anda bisa pilih device mobile. Juga search engine yang ingin di cek rankingnya.

Untuk business name gak usah diisi gak masalah, karena ini hanya opsional saja.

Masukan keyword target

Ini adalah yang paling penting karena keyword ini adalah yang nanti akan di cek kanibalisasinya.

Untuk semrush guru, kita bisa tracking 1500 keyword

Sangat disarankan untuk memasukan keyword utama dari masing-masing artikel yang anda buat.

Karena 1500 keyword itu banyak, ya anda bisa ambil datanya dari keyword-keyword yang anda rangking via semrush, ahrefs, atau via search console.

kalo saya sendiri sih ngambil keyword yang saya rangking via semrush, saya ambil keyword yg rank nya 5-15, kemudian saya export.

Alasanya adalah karena biasanya kalo stuck di rank5-15 itu kalo kena kanibalisasi ketika dibenerin rank bisa langsung naik to the moon. setelah itu start tracking

Masuk ke menu cannibalization

di menu tersebut akan muncul

  • berapa banyak keyword yang kena kanibal’
  • Berapa jumlah artikel yang kanibal satu sama lain

Dengan menggunakan tool ini kita bisa lihat berapa sih keyword yang terkanibalisasi, dan tingkat kesehatan kanibalisasi keywordnya.

Setelah itu anda bisa mengecek data berdasarkan keyword atau berdasarkan page, tp anda harus menunggu dulu, karena masih hari pertama sehingga datanya belum ada. tunggu saja seminggu, nanti akan dapet tampilan dibawah ini ketika position nya di klik.

Udah gitu saja.

2 tanggapan pada “Cara Mudah Cek keyword Cannibalization”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *