Case Study : Copot Semua Iklan Link Menaikan Penghasilan

  • by

Saya memasang sekitar 3 iklan link di setiap artikel saya, bahkan ada yang lebih, dan iklan link tersebut saya pasang sejak awal monetize website karena memang saya tau CTRnya bagus.

Namun karena ini saya mau pindah adsense dari JV adsense ke Adsense pribadi yang tidak ada iklan link nya. jadi ya saya harus test dulu.

Apakah saya bisa mempertahankan penghasilan adsense bahkan tanpa iklan link?

Ataukah saya tetep di jv adsense saja dan memakai iklan link yang menghasilkan penghasilan lumayan.

Semuanya Harus Di Test

Beda orang beda hasil, jadi ya semuanya harus di test. saya mulai copot iklan link dan menggantinya dengan iklan responsif pada 6 September 2020. Mungkin ini akan berlangsung selama beberapa hari untuk tes apakah CPM saya tetep bagus, diatas 40 ribu, atau turun.

Goal Case Study

Tujuan utama case study ini adalah untuk mengetahui:

  1. CPM dengan iklan link, CPM tanpa iklan link, yaudah lah akan di update kalo gak males dan udah ketemu hasilnya

Hasil

Test dilakukan pada tanggal 6 sampai tanggal 13 september. dan berikut ini adalah hasilnya

Bisa dibilang hasilnya sih stabil untuk EPMV nya, bahkan naik meskipun gak banyak.. namun setidaknya dengan mengurangi CTR ini lebih bagus karena mengurangi resiko klik lebih dari 1 kali untuk satu visitor, dan juga iklan responsif bisa di proteksi pakek click fraud monitoring, jadi insyaAlloh lebih aman dari invalid daripada iklan link yang tidak support menggunakan CFM gratisan.

Udah jadi gitu saja, setting ini akan di keep, karena hasilnya bagus, dan insyaAlloh lebih aman..

Dan jika sewaktu-waktu saya pengen hengkang dari JV adsense, saya tinggal pergi saja, tanpa perlu menghawatirkan bahwa adsense baru saya tidak mendukung iklan link