Entity Analysis : Memahami Render Teks oleh Google NLP

  • by

Masih sangat jarang yang membahas ini, namun saya pikir ini lumayan penting karena entity analysis sangat berhubungan dengan SEO onpage optimization.

Dengan memahami ini kita bisa tau bahwa google bisa menganalisa dan mengelompokan “kata” menjadi “entity” yang bisa dibaca dan di cari korelasinya menggunakan NLP.

Dengan memahami ini, kita bisa tau bahwa beberapa kata memiliki korelasi yang tinggi dengan kata yang lain.

Tapi kalo misalkan malas belajar ya bisa langsung pakai tool macam, Surfer SEO, atau Cognitive SEO

berikut ini salah satu video yg bisa ditonton

untuk menggunakan Demo NAtural Language programing milik google anda bisa ke https://cloud.google.com/natural-language#natural-language-api-demo

Namun untuk saat ini demo tersebut hanya tersedia untuk bahasa inggris saja. sedangkan untuk API nya Natural language sudah support bahasa indonesia, namun hanya di bagian “sentiment” nya saja. sangat disayangkan.

Untuk Tools lain yang bisa anda gunakan untuk analisa NLP antara lain adalah

SurferSEO

Ini adalah yang digunakan oleh Matt Diggity untuk analisa TF*IDF nya. dan disini kita bisa lihat bahwa mereka menyediakan fitur NLP Analysis, tapi saya yakin sih, NLP analysis ini tidak cocok untuk bahasa indonesia, karena API nya google sendiri hanya support “sentiment” saja.

Harganya lumayan mahal untuk blogger pemula, namun ada $1 Trial untuk 7 hari jika anda mau, Untuk harga dan pembelian bisa cek https://surferseo.com/pricing/

Cognitive SEO

FItur terbaik dari Cognitive SEO ini adalah “Content Optimizer” nya. Tool ini bisa memandu kita tentang “istilah” apa saja yang memiliki korelasi dengan keyword yang kita bidik.

Bisa dibilang ini adalah tool terbaik untuk semantic optimization. tool ini dulu saya tau karena direkomendasikan oleh mbak BHWQueen/Rachmaninoff,

Berikut ini adalah screenshotnya :

Terdapat free coba 5 kali setiap hari, dan ini cukup bisa memberitahukan kita bagaimana performa penulisan artikel kita secara semantic.

ini adalah contoh artikel dari Suara.com, yang dapet rank #1 untuk keyword “cara memutihkan wajah”.

Skor Content Performance nya cukup bagus yaitu 94/100. dan disana juga disebutkan apa saja istilah yang disarankan untuk ada di dalam artikel.

Jumlah kata maksimal yang bisa anda masukan di content optimizer ini adalah 1500 kata.

Dulu saya coba cuma 500 kata, alhamdulilah ini ditambahi sih.

Sayangnya harganya belum affordable untuk saya sekarang, tapi semoga 1 tahun kedepan ini sudah bisa murah sekali untuk saya.

harga subscriptionya $130 per bulan, lebih mahal daripada ahrefs. wkwkwk. tapi tenang saja, anda bisa mencobanya gratis selama seminggu.

Tapi hanya dapet 150 kali content optimizer saja. yah lumayan, sebelum anda daftar free trial, setidaknya siapkan banyak konten terlebih dahulu, biar maksimal trialnya

Untuk trial Cognitive seo ini anda harus memasukan kartu kredit anda,

Yasudah mungkin itu saja soal Natural language Programing google, yang ahirnya malah mbahas Tool, ahahaha

Bodo amat, blog blog ane sendiri…