Freshness Algorithm VS Authority VS Pagerank

  • by

Mungkin masih jarang yang bahas soal freshness algorithm, karena dianggap faktor ini tidak penting atau masih lebih penting faktor lain seperti authority website dan juga pagerank.

Sebenarnya, ketika signal ini sangat diperhitungkan oleh google, namun berat masing-masing faktor ini berbeda-beda. tergantung query yang di cari.

Freshness Algorithm Bobot Lebih berat

Frehsness algorithm akan jadi bobot yang berat jika query yang di cari adalah seputar informasi terbaru, harga barang, gaji, dll.

Contoh query yang sangat butuh frehsness algorithm adalah harga misal :

  • Harga cabe
  • Harga iphone bekas
  • Biaya masuk perguruan tinggi
  • Harga pepsoden di alfamart
  • Diskon alfamart
  • Gaji UMR Jakarta

Niche ini sangat butuh dengan freshness algorithm, jadi anda harus mengupdatenya secara berkala, disesuaikan dengan kebutuhan user.

Misalkan anda membahas harga cabe, maka anda harus mengupdate harga di artikel anda setiap hari, atau minimal 6 hari sekali, karena jika tidak, maka artikel anda akan turun, karena user membutuhkan data yang fresh.

Jika anda orang yang malas, sebaiknya anda tidak menarget keyword-keyword seperti ini karena anda harus mengupdatenya secara berkala.

kecuali anda punya tim yang bisa mengupdatenya berkala.

Tapi ya jika artikel anda ada ratusan ya anda harus memikirkan apakah ini worth dengan gaji yang anda keluarkan.

Jika tidak, mungkin lebih baik anda memilih niche yang lebih evergreen.

Authority Signal Bobot Lebih Berat

Ada beberapa niche atau query yang membutuhkan sinyal authority lebih dari niche lain, yaitu niche YMYL atau your money your life. yaitu niche bisnis dan niche kesehatan, Bahkan untuk beberapa query yang krusial seperti berita bahkan sinyal authority sangat diperlukan.

Sinyal authority ini adalah sinyal bahwa sumber artikel yang menyajikan artikel adalah sumber yang kredibel dan bisa dipercaya.

Sehingga dengan cara ini google bisa meminimalisir hoax masuk ke pejwan.

Tapi meskipun begitu tetap saja authority bukan satu-satunya yang dijadikan patokan, tapi ada lebih dari 200 sinyal lain.

Pagerank

Pagerank sendiri sangat erat hubunganya dengan authority, karena salah satu yang menguatkan authority adalah backlink, dan backlink mengalirkan pagerank.

Tidak selalu website yang memiliki pagerank tinggi bisa mengalahkan website yang pageranknya lebih rendah.

Mungkin itu saja catatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *