Studi Kasus Guest Post : Menaikan Ranking

  • by

Ini adalah guest post pertama saya, alasan kenapa saya guest post adalah saya ingin mencoba apakah benar guest post itu bener-bener bisa meningkatkan ranking website secara signifikan.

Dan jika iya, berarti saya memang harus melakukanya, dan saya jika ini lebih bagus maka saya bisa beli saja guest post daripada bikin PBN yang mahal.

Artikel yang ingin saya rank volumenya ndak begitu banyak, tapi kalo bisa rank 1 bisa jadi dapet 30.000 visit perbulan sih.

Dan untuk persaingan secara backlink sih rata-rata artikel di pejwan punya 5 backlink, sedangkan saya hanya 1 biji. tapi gak masalah. Kalo belum kuat nanti ditambah lagi dengan backlink yang berkualitas.

Sebenarnya, di SERP persainganya lumayan ketat karena banyak authority website semacam kompas, tapi saya sih yakin bisa penetrasi kesana, karena untuk topical relevance saya lebih bagus, karena saya micro niche.
Dan mereka lebih broad niche

Domain Score saya masih 0

Yasudah, berikut ini adalah statistik awal dan perkembanganya

Start Awal Sebelum Guest Post

Impresi artikel saya masih kuecil, cuma puluha setiap harinya dan rank nya rata-rata rank 19.

Dan berikut ini adalah ranking untuk keyword target saya :

Disini saya tidak menggunakan kw utama sebagai anchor text, karena saya pikir kalo saya pakek anchor long tail, nanti short tailnya ikut dapet juga, pikir saya sih gitu.

Target saya sih

  1. Artikel Guest Post bisa rank top 5 di pejwan
  2. Artikel Guest post ngirim traffic setiap hari
  3. Artikel saya masuk pejwan rank top #3

Yasudah kita tinggal tunggu hasilnya saja, kita harus menunggu setidaknya 7 hari untuk stabil dance nya, dan 3 minggu hingga stabil ranknya.

Ranking Awal Artike Guest post

Berikut ini adalah ranking awal artikel guest post sesaat setelah posting

Artikel guest post sudah masuk halaman 2

Saya yakin artikel ini bakal masuk halaman 1 google, karena saya memang milih keyword yang mudah untuk di ranking,

InsyaAlloh akan di update lagi ketika sudah ada hasil dan hasil, dan kalo ndak males

Hasil Optimasi

Update 3 Agustus 2020, 12 hari pasca guestpost

Tak kusangka hasilnya bagus, padahal cuma 1 backlink saja. dan hanya butuh waktu 12 hari saja

  • rank naik dari 19,1 menjadi 8,9
  • tayangan naik dari 46 menjadi 1024

Jadi guest post itu bener-bener harus milih web yang berkualitas, quality over quantity. ditunggu dulu nanti sampai sebulan, kalo misalkan belum bisa rank 3 besar ya beli backlink lagi, dengan memilih website yang bagus metrik nya dan juga trafficnya

Update 14 Agustus 2020

Alhamdulilah, saya sudah mendapatkan rank 1 untuk keyword target dan turunanya, sesuai dengan yang saya taruh di achor text backlinknya.

Dan naiknya parah banget sih kalo menurut saya. kemaren sempet dance gak tau kenapa, tapi udah balik ke track kenaikanya, saya sih berharap naik terus ya tayanganya,

Dan berikut ini adalah ranking saya yang terbaru,

Kesimpulanya

Guestpost sangat membantu menaikan rangking keyword, dan jika onsite dan onpage SEO bagus maka gak perlu banyak backlink untuk bisa memenangkan keyword dengan volume tinggi.

Dalam case study saya ini, saya hanya perlu 1 backlink berkualitas saja. dan untuk bisa naik ke rank #1 butuh waktu 22 hari saja, namun mungkin impresi nya di serp akan naik lagi sampai plateu.

Tugas kita sekarang adalah menjaganya tetap merangking di atas.

Ok, sekarang kita lanjut ke next project untuk menaikan keyword utama yang lain, karena masih ada 4-5 keyword utama yang belum saya rangking.