Panduan Lengkap Internal Link Building

  • by

Ini adalah salah satu hal terpenting jika kita ingin meningkatkan relevansi website kita dan bisa juga digunakan untuk mensupport artikel utama dengan pagerank dan sinyal anchor yang tepat.

Internal link building ini sangat disarankan untuk di lakukan di awal pembuatan website, agar kita bisa memaksimalkan optimasinya, dan lebih mudah jika perencanaanya sudah matang dari awal

Strategi internal link building ini akan dibagi menjadi 2 yaitu

  1. Memilih anchor text
  2. Aturan rasio internal link
  3. Memilih artikel sumber internal link
  4. Apakah bisa ngasih internal link dalam jumlah banyak

yaudah gak usaha banyak cingcong kita mulai saja.

1. Memilih Anchor Text

Apa anchor text yang tepat untuk internal link?

Bagaimana rasio yang baik untuk acnhor text internal link?

Berapa banyak internal link yang harus dibuat?

itu adalah beberapa pertanyaan yang seringkali menjadi hot topic di internal link building, dan akan kita bahas satu persatu.

Apa anchor text yang tepat untuk internal link?

Anchor text terbaik untuk internal link andalah exact match keyword utama artikel yang dituju, dan juga keyword turunanya, serta miscellaneous anchor.

Cara mencari keyword anchor text

Untuk mencari keyword anchor text anda bisa menggunakan ahrefs, semrush atau tool lain. urutkan keyword dengan pencarian tertinggi hingga yang medium, jangan sertakan keyword yang tidak memiliki volume pencarian.

Masukan semuanya di exel Sheet dan urutkan dari yang pencarianya terbanyak hingga terendah.

2. Aturan Rasio Internal Link

internal link itu bisa over optimize, dan jika itu terjadi maka anda bisa kena tebas google, terutama untuk exact match keyword utama.

Jadi anda harus menggunakan semua tipe anchor sebagai internal link di artikel-artikel anda.

  • Exact match anchor dengan volume teritnggi
  • LSI anchor text dengan volume medium
  • Miscellaneous anchor atau anchor lain lain untuk diversifikasi.

Exact Match Anchor Text

Ini adalah anchor text paling penting yang harus anda utamakan pemakaianya, jangan terlalu banyak menggunakan EMAT ini, gunakan seperlunya saja dan taruh anchor ini hanya di artikel yang memiliki traffic tinggi atau dengan pagerank tertinggi.

Sehingga ini bisa lebih meningkatkan pagerank dan sinyal keyword lebih kuat untuk artikel utama. Untuk rasionya anda bisa gunakan 20-30% atau jika anda berencana membuat beberapa backlink dengan exact match anhor maka anda bisa mengurangi rasion internal link dengan exatc match anchor.

Karena jika anda sudah terlalu abuse anchor ini di internal link, dan juga anda abuse anchor untuk backlink anda, maka ini bisa memberikan footprint ke google bahwa anda berusaha untuk merangking keyword ini dan bisa berakibat fatal.

Intinya jangan overoptimize baik di internal anchor maupun backlink anchor

Long Tail Keyword Anchor Text

Long tail keyword untuk internal link anchor harus memiliki volume pencarian ya.. agar artikel yang anda tembak bisa merangking keyword yang sesuai dengan anchor, untuk rasio yang bisa anda gunakan adalah 60% an.

Miscellaneous Anchor Text

Miscellaneous anchor adalah anchor lain lain, yang diluar Long tail maupun Exact match, anchor text ini digunakan untuk memberikan variasi pada anchor agar tidak terlalu abuse dalam optimasi. Namun usahakan untuk menyertakan Long tail di anchor ini.

Contoh Miscellaneous anchor

  • Berikut ini adah hosting terbaik pilihan kami
  • Hosting terbaik pilihan editor
  • Saran Hosting murah untuk anda.

anda boleh menggunakan shitty anchor seperti klik disini, berikut ini, namun hanya 1-2 saja, jangan banyak-banyak karena ini kurang bagus sih kalo menurut saya, mending pakek modify keyword saja.

3. Memilih Artikel Sumber Internal Link

Memilih sumber internal link adalah hal yang juga krusial karena anda harus memberikan sinyal anchor terbaik di halaman sumber terbaik.

Sumber Artikel Harus Relevan

Hal terpenting adalah halaman sumber anchor harus relevan dengan target internal link. sebisa mungkin untuk tidak mengirimkan internal link dari artikel yang tidak relevan karena ini kurang kuat powernya untuk artikel utama.

Artikel Terbaik -> Exact Macth Anchor

Kumpulkan artikel anda yang memiliki pagerank terbaik atau volume visitor terbanyak, dan cata itu sebagai sumber internal link utama.

Setelah itu, gunakan exct match anchor text di halaman-halaman tersebut. sehingga sinyal yang anda berikan ke google lebih kuat.

Artikel Medium -> Long Tail Anchor

sedangkan tempat terbaik untuk meletakan long tail anchor anda adalah di artikel yang memiliki pagerank atau volume ttraffic medium.

Artikel Low -> Miscellaneous Anchor

Sedangkan artikel dengan volume traffic yang kecil dan pagerank keicil ya kasih miscellaneous anchor, ini cuma digunakan untuk diversifikasi anchor.

4. Bolehkan Mengirim Internal Link dalam jumlah banyak

Jawabanya adalah boleh, bahkan jika website anda adalah website micro niche yang artikemya semua relevan untuk dikasih internal link ke artikel utama, anda bisa menggunakan skema spider web.

yang perlu digaris bawahi adalah masalah

  • Relevansi sumber internal link dengan artikel target
  • Anchor text

udah gitu doang sih, jika anda sudah terlanjur membuat internal link building tanpa memperhitungkan hal ini, maka anda bisa mngedit anchor text internal link anda, sehingga bisa lebih optimal dan tidak sampai abusing.

Gunakan Screamfrog atau sitebulb untuk membantu menganalisa struktur artikel anda, namun jika anda tidak punya uang ya bisa pakek Google search console saja. atau pakai tool lain