Bagaimana cara menurunkan bounce rate?
Menambah Pageview/visit lah…
Cara menambah PV/visit bagaimana?
Ya menambah internal link di dalam artikel..?
Lalu bagaimana cara melacak dan menganalisa apakah internal link anda sudah optimal?
Ndak tau kan?
nah, pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menganalisa Aliran pengunjung anda, dan bagaimana cara tracking internal link yang sudah anda pasang.
Menggunakan Fitur Alur Perilaku (user flow)
Yang pertama adalah menggunakan fitur alur perilaku di analytics, pilih saja menu “perilaku –> Alur perilaku” nanti akan kelihatan aliran perjalanan pengunjung

Disini bisa dilihat ada beberapa artikel yang pengunjungnya banyak, tapi aliranya kurang mengalir, sehingga butuh optimasi internal link sehingga traffic bisa mengalir lebih jauh.
Sehingga pageview naik dan bounce rate turun.
Dan agar lebih maksimal, optimasi dulu 20% halaman yang memiliki visitor terbanyak, ini disebut juga sebagai optimasi pareto.
Sayangnya ini hanya bisa melihat 5 artikel tertinggi saja, dan tidak bisa melihat aliran semua artikel secara full… sangat disayangkan.
Namun untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan cara tracking kedua yaitu menggunakan Link attribution google analytics
Link Attribution Google Analytics + Extension Page Analytics

Cara selanjutnya adalah dengan mengaktifkan link attribution analytics, kemudian install extension Chrome “page analytics”, maka anda bisa melihat Link clicks dari masing-masing internal link di sebuah halaman.
Ini bisa digunakan sebagai tolok ukur apakah optimasi internal link untuk menambah pageview telah sukses atau gagal.


Kita tinggal mengukur dari metrik metrik yang tampil seperti jumlah user, jumlah internal link klik, dan juga bounce rate.

Jadi gitu lah….
semoga bermanfaat