Mengapa Kucing Tidur Terus ? Berikut Alasan nya Secara Medis

  • by

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang memiliki jam tidur lama. Hal ini menarik perhatian para pecinta kucing untuk mengetahui alasannya. Lalu apa saja yang menyebabkan kucing tidur mulu?

Faktor yang mempengaruhi waktu tidur kucing adalah sifat krepuskular, fisiologi kucing, usia, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan. Standart waktu tidur yang dibutuhkan kucing adalah sekitar 15 hingga 20 jam dalam sehari.

Sifat Bawaan Kucing

Faktor internal merupakan faktor yang pasti dimiliki oleh seluruh kucing. Faktor ini mempengaruhi lama standar waktu tidurnya. Hal ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu anda cemaskan. Berikut beberapa macam faktor internal.

Kucing Bersifat Krepuskular

Krepuskular adalah sebutan untuk beberapa hewan salah satunya adalah kucing yang memiliki sifat aktif selama masa remang-remang di peralihan hari. Hal itulah yang menyebabkan ia cenderung akan tertidur saat siang dan malam hari.

Meskipun begitu, anda masih akan dapat bermain dengan kucing anda saat siang hari. Hal ini dikarenakan sifat kucing yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Hal ini membuat ia dapat dengan mudah mengubah pola tidur hingga pola makannya sendiri.

Fisiologi Kucing Memaksanya Untuk Tidur Lebih Lama

Tidak dapat dipungkiri, kucing masih termasuk hewan predator. Mereka hidup dengan cara mengejar mangsanya.Walau anda sudah memberikan makanan yang cukup untuk kucing anda, hal tersebut tak dapat menghilangkan nalurinya sendiri.

Mereka akan membutuhkan tenaga yang sangat banyak untuk berburu mangsa. Hal ini mengharuskannya untuk tidur lebih lama dengan tujuan menghemat energi yang mereka miliki.

Usia Kucing Mempengaruhi Durasi Tidur

Usia kucing sangat mempengaruhi kebutuhan tidur pada kucing tersebut. Anak kucing dan kucing tua akan cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur dibandingkan dengan kucing dewasa. Berikut standar lama jam tidur kucing berdasarkan usianya.

Usia kucingLama tidur
Anak kucing20 jam sehari
Kucing dewasa15-18 jam sehari
Kucing tua20 jam sehari

Faktor Cuaca Bisa Berdampak Pada Waktu Tidur Kucing

Tak hanya ketiga faktor diatas, faktor cuaca juga dapat mempengaruhi waktu yang dibutuhkan kucing untuk tertidur. Biasanya, kucing akan lebih sering tertidur saat cuaca sedang dingin.

Faktor External Yang Bukan Bawaan Kucing

Namun, anda harus waspada jika waktu tidur yang dibutuhkan kucing anda melebihi waktu tidur biasanya. berikut beberapa alasan yang membuat kucing anda tidur lebih lama.

Kurang Nutrisi Membuat Kucing Malas dan Ngantuk

Penyebab dari kekurangan nutrisi adalah makanan yang dikonsumsi kucing mengandung gizi yang kurang atau biasanya juga karena kucing anda sedang mogok makan karena bosan dengan makanannya. Ia akan sering tidur karena tubuhnyamerasa lemas akibat dari kebutuhan gizi yang tidak tercukupi.

Jika kucing anda mengalami demikian, anda dapat mencoba mengganti makanan yang ia makan. Perhatikan nilai gizi yang terkandung pada makanan tersebut. usahakan lebih tinggi daripada nilai gizi pada makanan sebelumnya.

Berikut kebutuhan kalori per hari pada kucing.

Usia kucingKebutuhan kaloriKebutuhan kadar protein
Anak kucing30 x berat badan (kg)26%
Kucing dewasa66 x berat badan (kg)26%
Kucing tua50 x berat badan (kg)26%

Kehamilan Membuat Kucing Lebih Banyak Diam

Kucing betina yang sedang birahi dan berada bersama kucing jantan yang tidak disterilkan akan dapat membuat kucing betina anda mengalami kehamilan. Lalu apa saja ciri pada kucing hamil?

Biasanya, kucing yang sedang hamil akan tidur lebih lama dari biasanya dan makan dengan porsi yang banyak. Hal ini sangat wajar terjadi. Lama kucing mengalami kehamilan adalah sekitar 58-67 hari.

Saat proses kehamilan berlangsung, anda harus memperhatikan dengan baik-baik kecukupan nutrisi pada kucing anda tersebut. Berikut kebutuhan nutrisi pada kucing hamil.

NutrisiJumlah Kebutuhan
ProteinMin 35 % x kebutuhan harian
LemakMin 18 % x kebutuhan harian
Kalsium1-1,6% x kebutuhan harian
KarbohidratMin 10% x kebutuhan harian

Nb. Anda dapat mencari kebutuhan harian dengan 66 x berat badan kucing

Gangguan Kesehatan Bisa Berdampak Pada Kebiasaan Tidur

Kebanyakan tidur pada kucing dapat menandakan bahwa ia sedang sakit. Oleh karena itu, jika kucing anda terlalu banyak tidur anda harus segera berkonsultasi pada dokter. Hal ini bertujuan agar penyakit kucing anda dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *