(Case Study) Mengatasi Kanibalisasi Keyword dengan Rel Canonical

  • by

Jika terjadi kanibalisasi keyword di website anda, apalagi jika artikel dummy anda merangking lebih tinggi daripada artikel utama anda, maka ini akan sangat berdampak pada kenaikan traffic website.

Karena jika yang merangking adalah artikel Dummuy otomatis user intent juga kurang tercapai kan., ini ahirnya akan berdampak sulitnya naik ranking.

Untuk itu, anda harus bisa memberikan sinyal pada google bot untuk memilih artikel yang lebih bagus dan sesuai. karena artikel dummy tersebut kurang memberikan manfaat untuk user.

Sebenarnya bisa sih menggunakan 301 redirect, tapi karena artikel dummy saya masih saya pakek untuk nampung traffic dan conversion, maka saya ndak bisa 301 gitu saja, karena artikel dummy saya ini adalah moneypage saya.

Ahirnya Saya memutuskan untuk melakukan re canonical dan juga mengirim banyak pagerank ke artikel utama, menambahkan artikel utama di navigation bar, sama ngasih backlink dengan anchor target keyword.

Ini digunakan untuk menguatkan Pagerank si artikel utama, untuk saat ini saya sudah ngasih rel canonical dan juga naruh di navbar, tinggal nunggu rangking naik dulu..

Nanti kalu sudah baik dan mentok baru kasih backlink

Cara Penggunaan Rel Canonical

Jika anda gak tau gimana caranya, anda tinggal instal saja Yoast SEO,

Kemudiab buka artikel dummy anda, Setelah itu scroll ke dasar wordpress editor, disana ada menu yoast “lanjutan” disana ada menu rel canonical, nah itu isi saja dengan url artikel utama anda.

Case Study Memperbaiki Kanibalisasi Keyword

berikut ini adalah Progress dari ranking artikel dummy saya vs artikel utama saya

Artikel Dummy #1

Artikel Dummy saya dapet rangking yang lumayan untuk keyword 3 utama saya, sedangkan 2 keyword lainya di menangkan oleh artikel dummy #2 dan artikel lain, yang juga kanibalin artikel utama, dan ini tidak bisa dibiarkan,

Artikel Dummy #2

Berikut ini Keyword yang dimenagkan Artikel Dummy #2, keyword utama yang dirangking ada 1, tapi ini juga tidak bisa dibiarkan.

Artikel Utama

berikut ini adalah SS ranking artikel utama saya

Tidak dapat ranking sama sekali, kan kampret sekali

Hasil

Setelah saya mengaplikasikan rel canonical tag untuk keyword saya tersebut, 1 hari setelah terindex masalah kanibalisasi langsung teratasi dengan baik.

dan Artikel utama saya ini ahirnya merangking semua keyword turunan yang di target (total 14 keyword, dengan total volume 69.000 pencarian perbulan), meskipun cuma di 20-40 besar, tapi setidaknya ini sudah memberikan dampak yang baik, sekrang tinggal optimasi saja internal link dan backlink nya.

namun Setelah beberapa waktu, artikel Dummy saya balik lagi merangking lebih tinggi daripada artikel utama saya. bahkan sekarang 2 artikel dummy saya dapet sitelink, kan asem sekali

Karena ini adalah hal yang penting, saya ahirnya harus melakukan cara lain biar bisa naik artikel utama saya. dan ada 2 pilihan yang rencana akan saya lakukan,

  • Noindex artikel dummy
  • Deoptimasi

Haruskah Noindex

Saya sih sebenere pengen no index saja, tapi disitu kan ada iklanya, saya ndak tau apakah itu akan mempengaruhi iklan atau tidak,

tapi gak papa lah pengen tak coba saja. kalo penghasilan tetep, CPM tetep berarti biar noindex saja. sebenere deoptimasi lebih baik, karena tetep terindex, tapi sayangnya ini agak ribet dan bisa jadi butuh waktu untuk melihat hasilnya.

Yudah lah, saya no index saja. nanti akan tak cek perkembanganya. kalo iklan sih insyaAlloh tetep ada, soalnya tag nya cuma no index, bukan block google bot