Mengatasi Penalti Google Link Tidak Natural “Unnatural Link” (Studi Kasus)

  • by
Bagikan Artikel Ini yuk

Backlink yang bikin kena Google penalty.

Ini bukan case study saya sih, tapi case study punya e matt diggity, salah satu dari sekian praktisi SEO paling cerdas yang saya tau, .

Case study ini membahas tentang penalty yang dialami oleh supplementpolice.com, dan apa saja yang dilakukan sampai pengajuan banding website ini diterima

Website ini adalah salah satu web monster di niche supplement, .

Sebenarnya case study ini sudah lama sih, udah dari 2018, tapi menurut saya masih sangat layak untuk dibuat kajian. .baiklah, begini rangkuman case studynya.

Kena Penalti Google Unnatural Link pada 25 Desember 2017

Pada natal 2017, google mempenalty banyak website, salah satu yang kena adalah supplement police dan juga website terkenal “10beast”..Alasan penalty ini adalah karena “unnatural link”, atau karena link yang di dapat oleh website tersebut tidak terlihat natural.

Tahap pengecekan backlink Tidak Natural

Pada saat pengecekan backlink, terdapat 14.272 backlink mengarah ke supplementpolice, yangdidapat dari 4.808 reffering domain

Tahap Pembersihan Backlink Jelek

Hal pertama yang dihapus oleh matt diggity adalah low quality backlink, antara lain. .

1. Backlink Dari artikel yang tidak terindex

2. Backlink dari artikel yang berisi mallware atau hack

3. Backlink komentar

4. Backlink dengan anchor text yang over optimized, salah satu anchor yang terlalu over optimized adalah anchor “garcinia cambogia free trial” yang ada 190 anchor. .

5. backlink dari single page web 2.0, (1 website cuma berisi 1 artikel itu doang yg berisi backlink).

6. Backlink network dengan footprint, dari web yang punya IP range yang sama, dari web yang punya ID adsense yg sama.

7. Backlink dari website yang kena penalty, yang mana website tersebut tidak bisa merangking untuk nama domainya sendiri, dan halamanya banyak yg deindex. .

Semua backlink diatas di masukan dalam file txt dan di “disavow”.

30 Desember, Pengajuan Banding

Penalty terjadi pada 25 desember, dan pada 30 desember dilakukan banding..Dan pada tanggal 3 januari, banding Ditolak, jadi ya harus nyari lagi backlink yg jelek untuk di disavow. .

Tahap pembersihan Backlink ke-2 , Bersihkan Web Edu Spammy

Salah satu yg kena penalty adalah 10beast,com. dan dia kena penalty karena terlalu banyak backlink edu dari domain yang sama. dulu dia pernah ngadain semacam kontes ke mahasiswa dan berahir dapet backlink EDU yang banyak banget. yang mengakibatkan penalty, namun dia berhasil banding setelah disavow semua backlink EDU tersebut..

Nah, belajar dari hal tersebut, Matt Diggity ahirnya juga melakukan pembersihan pada backlink EDU yang dimiliki oleh supplementpolice (hanya yg jelek dan spammy mungkin, gak semua).

Pengajuan Banding ke-2 : 3 Januari 2008

Setelah disavow EDU link, dilakukanlah pengajuan banding ulang, namun pada 11 januari ditolak. .Disini Matt Diggity agak pusing,karena biasanya cuma butuh 2 kali pengajuan banding untuk bisa recover dari penalty. lalu dilakukanlah pembersihan tahap selanjutnya. .

Pembersihan tahap 3 : Bersihkan Backlink Guest Post Mencolok

Pada pembersihan tahap 3 ini, yang disisir adalah guest post yang mencolok. .

1. Guest post dengan author box guest post.

2. Guest post berbayar yang mencolok.Salah satu guest post berbayar yang mencolok adalah website yang mencantumkan “guest post” atau “write for us” di websitenya. .Sebenarnya tidak di jelaskan sih divedeo ini, tapi oleh matt diggity dijelaskan di video yang lain, bahwa sebaiknya jangan pasang backlink di website yang ada artikel “guest post”. .

Banding Ulang Ke 3 : 11 Januari

pada hari yang sama setelah disavow backlink guest post yang mencolok guest postnya, Matt kembali melakukan banding. .

Pada 11 januari dilakukan banding dan sebulan kemudian pada 13 februari, bandingnya diterima. .Dan Supplementpolice kembali pulih dari penalty nya. dan Trafficnya kembali naik.

===Link Echo===

Saat kehilangan backlink, website tidak akan langsung turun trafficnya, hal ini karena efek backlink yang dihapus masih ada. hal ini dinamakan “link echo”.jadi meskipun kehilangan backlink, artikel website akan tetap merangking di SERP. .

Link echo ini hanya berlaku untuk backlink yang sudah lama nancep, berbulan-bulan atau bertahun-tahun. .Sedangkan untuk backlink baru yang di disavow, maka tidak ada “link echo”.jadi website akan tetap merangking sekitar 6 bulan kedepan sampai efek “link echo” ini hilang. .

Dan untuk menjaga agar rangking tetap bagus maka harus dilakukan “replacement/penggantian” untuk backlink yang hilang..Untuk backlink yang disarankan sebagai replacement backlink yang hilang adalah :

– Manual Outreach backlink

– Guest post yang tidak mencolok/mencurigakan.

– dll.Untuk video lebih jelasnya bisa ditonton dibawah ini, (jika anda bisa berbahasa inggris tentunya)