Mengumpulkan Keyword dan Mensortirnya

  • by

ini adalah sub bab dari panduan membuat website, salah satu hal paling dasar dan harus dilakukan sebelum mulai membangun website adalah melakukan pengumpulan keyword terlebih dahulu.

Mengumpulkan keyword dan riset keyword itu adalah hal yang berbeda ya, karena mengumpulkan keyword itu hanya mengumpulkanya saja. tidak mengecek persaingan dan juga keyword turunanya.

Tujuan utama setelah mengumpulkan keyword adalah agar kita bisa melihat secara garis besar apa saja yang harus kita bahas, dan kita bisa menentukan yang topik utama pembahasan sehingga kita bisa merencanakan struktur website sejak awal.

Tool yang digunakan ada 4 yaitu

  1. Ahrefs
  2. Semrush
  3. Google Trend
  4. Pemikiran Logika

SCRAP

Ahrefs

Tool pertama adalah ahrefs, ini adalah tool wajib karena dia memiliki data yang lumayan update dibandingkan dengan teman sebayanya semrush atau ubersuggest.

Ahrefs ini kita gunkan untuk:

  • Scrap keyword dari Keyword Explorer
  • Scrap Keyword dari Kompetitor

Setelah di scrap kita tinggal melakukan langkah yang selanjutnya yaitu

Semrush

Semrush ini tidak digunakan untuk scrap lagi karena kita sudah dapet dari ahrefs, semrush ini digunakan untuk mencari volume related keyword.

Karena di ahrefs cuma di jelaskan tentang volume pencarian per single keyword, bukan volume total termasuk long tail keyword nya

Kemudian Menuju ke Tool Selanjutnya

Google Trend

Google trend digunakan untuk melihat volume real dari keyword yang akan kita target, karena ahrefs dan juga semrush tidak akan bisa menyaingi google trend dalam masalah data statistik pencarian.

Logika Pemikiran

Ada banyak keyword yang tidak terjangkau oleh ahrefs maupun semrush, namun keyword keyword ini memiliki pencarian yang sangat lumayan.

dan kebanyakan keyword saya menghasilkan 2000-3000 pv setiap bulan nya, dan keyword-keyword tersebut tidak ada volumenya di ahrefs maupun semrush.

Kita menggunakan Google Suggest dan juga Logika kita untuk mendapatkan hidden keyword ini.

SORTIR

Setelah kita mendapatkan semau data keyword tersebut, atau sambil menscrap keyword tersebut kita akan mensortir keyword-keyword tersebut menjadi 2 bagian

  1. Keyword utama = akan dibuat menjadi pillar post
  2. Keyword Pendukung = akan dibuat menjadi response post

Keyword utama

Untuk keyword utama, anda bisa membuat metrik anda sendiri, soal berapa volume pencarian perbulan, atau potensi penghasilan jika merangking. namun pastikan anda juga menayaakan pada diri anda beberapa hal

Jika saya merangking keyword ini, berapa uang yang akan saya dapatkan per bulan dari artikel ini saja

untuk mengetahui ini anda harus memperkirakan traffic perbulan dan juga CPM anda, atau juga perkiraan konversi dan profit anda.

Dan setelah anda mendapatkan hal ini. Anda bisa tau apakah keyword ini worth untuk anda jadikan sebagai keyword utama dan pillar post atau tidak.

Keyword Pendukung

Keyword pendukung ini adalah sisa dari keyword utama yang sudah anda pilih di depan. fungsu dari keyword ini adalah menghasilkan pagerank yang banyak untuk artikel utama. selain itu keyword pendukung ini

  • Mendatangkan traffic dalam jumlah banyak
  • Memperkuat relevansi website
  • memperkuat expertise dan authority

Keyword-keyword pendukung ini juga harus anda sortir dan urutkan mana yang paling mudah dirangking terlebih dahulu.

karena ini akan langsung memberikan dampak yang bagus untuk website anda. karena anda akan lebih cepat mendapatkan traffic, dan juga bisa lebih cepat mengirimkan pagerank ke artikel utama.

namun pastikan juga keyword yang anda kerjakan pertama kali ini memiliki volume yang cukup, setidaknya bisa menghasilakn 500-1000 pv per bulan lah minimal.

dan ingat… selalu buat high quality content

Udah mungkin itu saja sih untuk scrap keyword. mungkin nanti akan ditambah kalo inget.