(Case Study) Menaikan 4K PV/day Ke 14K PV/day Dalam 1 Bulan

  • by

Case study ini adalah catatan bagaimana saya menaikan Pageview saya dari 5K pv/day mejadi 14K pv/day dalam 1 bulan. padahal dalam 1 bulan tersebut saya posting artikel paling cuma 10 saja.

Berikut ini adalah Screenshot traffic saya via histats

Dan alhamdulilah, penghasilan juga naik, dari Rp. 261.000 menjadi Rp. 727.000/day. Cukup lumayan sekali.

Lalu,, bagaimana kok saya bisa naik lumayan tinggi. ?

Jawabanya ada 2, yaitu :

  1. Optimasi Struktur Website
  2. Link Building

Baiklah, berikut ini adalah penjelasanya.

Optimasi Struktur Website

Saya manaruh optimasi ini di paling atas karena menurut analisa saya, Struktur website inilah yang paling berpengharuh di peningkatan traffic web saya.

Yang saya lakukan adalah mengoptimasi internal link untuk mengalirkan pagerank dari supporting Article ke main article.

Sehingga main article mendapatkan pagerank lebih bagus dan bisa mendapatkan ranking bagus meskipun tanpa sutikan backlink.

Selain internal link, Navigation Bar juga sangat berpengaruh dalam penyebaran pagerank sehingga harus dioptimalkan juga.

Untuk cara optimasi internal link anda bisa baca : strategi internal link building

Sedangkan untuk menu navigasi, anda harus benar-benar memperhatikan first link priority rule, intinya, jangan taruh innerpage artikel utama di navigasi, karena itu kana membuat crawler cuma menganggap anchor di navigation bar saja, dan mengabaikan anchor internal link di body article.

Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di first link priority rule, saya mengoptimasi ini 2 hari sebelum traffic menanjak parah,

Setelah saya mengoptimasi internal link, sehari kemudian, traffic langsung naik parah.

2. Link Building

Pada bulan juli, saya membangun sekitar 19 backlink berkualitas dengan yang diarahkan ke homepage dengan anchor naked, yang kemudian saya dripfeed selama 14 hari, numpang di tool indexer milik temen saya.

Saya numpang karena gratis,..saya suka gratisan.. ahahaha

Link ini di index mulai 21 juli hingga 4 Agustus,

Dan Alhamdulilah traffic mulai naik setelah terindex.

Saya juga melakukan Guest post untuk 1 artikel utama saya dengan anchor exact match pada 22 juli, dan alhamdulilah naik ke rank #1 setelah 22 hari pasang backlink, dan ini juga lumayan boost traffic juga. hanya dengan modal 1 backlink saja saya bisa over rank web lain yang backlinknya bejibun. tapi memang sih, artikel saya yang ini killer banget jika dibandingin punya kompetitor.

Trus setelah ane pasang backlink di artikel yang di guest post tersebut, ane ngasih internal link ke artikel utama lain untuk ngalirin pagerank biar bisa nyebar dan naikin ranking artikel lain.

Kesimpulan

Seperti yang dikatakan matt diggity, backlink akan bekerja lebih maksimal jika struktur web dan optimasi onpage anda sudah bagus.

Sebelum anda ngirim backlink ke artikel anda, pastikan artikel anda

Sudah melalui proses USO = User satisfaction optimization. Struktur webnya sudah dioptimasi dengan baik. dan onpagenya juga sudah dioptimalkan, untuk lebih jelasnya baca : Hal yang perlu diperhatikan sebelum pasang backlink.

Disclaimer : Ini hanya catatan saya sendiri, bisa jadi jika anda menggunakan cara ini hasilnya akan berbeda. Do ti as your own risk.