Case Study Optimasi Adsense : Menaikan CTR dan CPC

  • by

Untuk hasil terbaru langsung scroll ke dasar artikel saja, tapi kalo pengen liat perkembangan dari awal sampai ahir ya bisa baca dari awal. namun untuk hasil sebelum dan sesudah optimasi bisa cek dibawah ini.

Sebelum dan Sesudah Optimasi

5 Juli 2020

Rp. 78.458/day

3 Agustus 2020

Rp. 383.970/day

Saya tidak punya akun adsense dan sekarang masih JV saja, karena agak sulit mengajukan adsense saat ini.

Hal ini sangat menyulitkan karena saya tidak bisa memantau CTR dari masing-masing unit iklan dan berapa cpc dari masing-masing unit iklan.

Padahal mah kalo ada bisa optimasi adsense dengan lebih mudah. Namun alhamdulilah kemaren saya dapet plugin ad inserter pro, gratis dari bos JV adsense saya. ini sangat membantu saya setidaknya memantau CTR dari masing-masing Unit Iklan.

Tapi ini masih hari pertama, jadi ini belum hasil fix, karena akan di optimalkan lagi

Saya memasang beberapa unit iklan di website saya yaitu

  • Iklan link
  • Iklan responsif
  • Iklan sidebar
  • iklan floating kecil seperti anchor ads
  • Iklan Link susun
  • Iklan otomatis (tidak bisa di track melalui ad inserter)

Dan berikut ini adalah hasil dari uji coba hari pertama,

Minggu, 5 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 78.458
  • Jumlah PV : 4.373
  • Jumlah visitor : 3059
  • Jumlah klik iklan : 195
  • CTR halaman : 4,4%
  • CTR visitor : 6,3%
  • CPM halaman : Rp. 17.941
  • CPM visitor : Rp. 25.648
  • CPC : Rp. 402

itu adalah hasil dari 5 juli 2020, CPM nya turun sih jika dibandingkan kemarin, karena kemaren CPC saya Rp. 821, 2 kali lipat dari ini. dan hasilnya Sekitar Rp. 109.000 an. padahal trafficnya hampir sama.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah karena saya menambah beberapa iklan sih, seperti penambahan iklan sticky, iklan sidebar, iklan link susun. jadi ini mempengaruhi CPC.

karena semakin banyak unit iklan yg dipasang maka cpc akan semakin turun.

tapi insyaAlloh setelah ini dioptimasi lagi dengan mengurangi beberapa unit iklan yang performanya buruk. alias CTRnya buruk.

Berikut ini adalah performa iklan yang saya pasang

Iklan sticky 320×100

iklan ini hanya di setting muncul di ponsel, dan memiliki CTR yang lumayan tinggi, ini adalah ctr iklan ya, bukan ctr halaman.

sudah pasti, ini wajib dipasang

Iklan link di search page

Saya menaruh 1 iklan link di search page, ini ctrnya tinggi, karena memang orang yang masuk search pasti dia sedang mencari sesuatu, dan menaruh iklan link di search page adalah hal yang sangat tepat.

Sudah pasti , iklan ini wajib ada, cuma harus ditambah kayaknya, karena ini cuma 1 biji saja

Iklan Link susun Sebelum par 2

Iklan susun ini ctrnya bagus, wajib ada di website, mungkin nanti di coba-coba penempatan lain yg lebih bagus, tapi ctr 2% itu udah sip sih.

iklan link daftar isi

iklan link ini ada di bagian daftar isi, ctrnya lumayan, jadi ini harus ada di website sih.

Iklan link tengah artikel

Iklan link ini saya taruh di tengah artikel, jadi mungkin kena scroll sama pembaca jadi ctrnya 0.64% saja.

iklan ini kalo menurut saya sih performanya standar, jadi boleh lah ada di website, tapi tidak wajib

Iklan reponsif

Saya juga masang iklan responsif di dalam artikel, tapi hasilnya agak jelek, mungkin karena iklan autonya nyala, makanya jadi visitor jadi ads blind. sehingga gak begitu diliat iklanya.

Iklan ini harus dikurangi taua di optimasi lagi sehingga bisa lebih bagus hasilnya, mungkin bakal saya ilangin biar cpc bisa naik, karena terlalu banyak iklan juga jelek di CPC nya

Iklan Sidebar

Saya termasuk orang yang ndak suka sama iklan sidebar, karena kalo di ponsel itu akan ada di bagian paling bawah artikel, jadi CTR nya sangat rendah.

Tapi dengan ad inserter kita bisa setting iklan tersebut hanya muncul di desktop, dan ternyata hasilnya juga cukup lumayan.

Saya belum 100% yakin sih apakah akan saya remove tau saya keep, tapi ini layak dites untuk kedepanya.

itu saja sih catatan Optimasih iklan hari ini

Senin, 6 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 126.159
  • Jumlah PV : 5.551
  • Jumlah visitor : 3.911
  • Jumlah klik iklan : 285
  • CTR halaman : 5,1%
  • CTR visitor : 7,2%
  • CPM halaman : Rp. 22.727
  • CPM visitor : Rp. 32.257
  • CPC : Rp. 442

Saya Memperbaiki sedikit peletakan iklan, dan alhamdulilah CTR lumayan naik hari ini. tapi sayangnya CPC masih kurang bagus, Hal ini dikarenakan terlalu banyak iklan yang dipasang di web.

Sebelum menghapus beberapa unit iklan, Saya mungkin masih menunggu beberapa waktu agar data terkumpul dulu, sampai saya memiliki cukup data unit iklan mana yang tidak worth untuk dipasang, jadi kit tinggal remove saja, dan menyisakan unit iklan yang performanya tertinggi.

Sehingga iklan di website tidak terlalu banyak dan cpc bisa naik karena persaingan bid iklan meningkat di unit iklan tersebut.

Laporan Performa CTR masing-masing Unit iklan

Overall sih yang menyumbang klik terbesar tetep sama yaitu :

  • Iklan Sticky 320×100
  • Iklan link susun
  • Iklan link menu

udah itu saja sih untuk hari ini.

Selasa, 7 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 150.365
  • Jumlah PV : 5.616
  • Jumlah visitor : 3.710
  • Jumlah klik iklan : 296
  • CTR halaman : 5,2%
  • CTR visitor : 7,9%
  • CPM halaman : Rp. 26.774
  • CPM visitor : Rp. 40.529
  • CPC : Rp. 507

Alhamdulilah CPM saya mulai naik, saya masih belum melakukan apapun untuk optimasi peletakan iklan atau pengurangan unit iklan atau penambahan, saya hanya tracking saja.

Saya hanya mengoptimasi internal link saya, dan kemudian saya juga mempromosikan aplikasi android berisi web saya.

Alhamdulilah kemaren ada lebih dari 50 instalasi insyaAlloh, dan hari ini insyaAlloh bisa lebih dari 100, atau mungkin 200.

target saya sih saya bisa dapet 10.000 instalasi per bulan, sehingga 6 bulan depan sudah ada 60.000 instalasi, meskipun bakal banyak yang uninstall aplikasi web saya tapi setidaknya akan semakin banyak yang pasang.

Dan you know what….

kalo ada 60.000 instalasi aktif, maka akan ada minimal 60.000 visitor yang akan datang ke web, tapi gak mungkin dong semuanya datang cuma sekali, kalo rata-rata 1 pengguna mengunjungi aplikasi saya sebulan 2 kali, maka akan ada 120.000 pageview gratis dari aplikasi saja.

Belum termasuk traffic dari google,

Dan 6 bulan lagi semoga bisa dapet

PV dari google : 300.000

PV Aplikasi : 120.000

total PV : 420.000/bulan

Kalo CPM saya Rp. 22.000, maka setidaknya ada Rp. 9.240.000 dari web ini. cukup bagus sih.

Tapi ini cuma rencana, it can be higher or lower

Rabu, 8 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 166.699
  • Jumlah PV : 5.534
  • Jumlah visitor : 3.444
  • Jumlah klik iklan : 297
  • CTR halaman : 5,3%
  • CTR visitor : 8,6%
  • CPM halaman : Rp. 30.122
  • CPM visitor : Rp. 48.402
  • CPC : Rp. 561

Meskipun kemarin jumlah visitor menurun sedikit, tapi alhamdulilah CPC dan CTR naik, sehingga CPM juga jadi lumayan naik, CPM halaman udah nyentuh 30 ribuan, dan CTR visitor juga udah dapet 8,6% lumayan bagus.

sebenere yang harus diperhatikan itu bukan hanya CTR halaman, tapi CTR visitor juga, karena yang paling penting untuk diukur itu sebenernya CTR visitor, bukan CTR halaman.

Pada hari ini, CTR visitor saya 8,6%, berarti setiap 100 visitor, ada 8,6% orang yang klik iklan.

Strategi yang saya gunakan simpel sih, yaitu Menambah pageview pengunjung. Karena semakin tinggi pageview per visitor, maka semakin sering mereka berinteraksi dengan iklan dan artinya semakin tinggi juga kemungkinan visitor klik iklan.

sebenere kalo CTR halaman cuma 2% kelihatanya kecil, tapi kalo ternyata itu didapat dari masing-masing visitor mengunjungi 5 halaman, berarti CTR visitor nya 10%, ini udah tinggi banget. dan lumayan bagus optimasinya.

Hari ini sih iklan belum ada yang saya kurangi, masih tetep jumlahnya, tapi CPC emang pas naik, mungkin karena memang lumayan banyak yg bid iklan karena ekonomi mulai kembali normal, dan advertiser mulai spent iklan pasca corona.

yaudah, sebelum ngurangin iklan untuk naikin cpc, kita tunggu saja perkembanganya, karena jika saya bisa naikin CPC dari Rp. 561 menjadi Rp. 800, CPM halaman bisa naik jadi Rp. 37.000 an, kan lumayan, wkwkwk

OK dah, lanjut nunggu, sambil optimasi strategi returning visitor, dan loyal visitor, alhamdulilah sih udah ada hampir 10% visitor adalah visitor direct, yang mereka adalah orang yang pernah berkunjung dan berkunjung secara langsung.

Strategi ini lumayan work sih, dulu pas main fb ads malah direct traffic saya sampek sekitar 35% , wkwkwk, yang artinya 35% free money beibeh. Tapi karena ini organik jadi agak sulit untuk optimasinya. tapi semoga sih ahir tahun direct traffic share nya bisa nyentuh 30%-40%, dan PV total bisa diatas 400k/month

Kamis, 9 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 137.468
  • Jumlah PV : 5.419
  • Jumlah visitor : 3.477
  • Jumlah klik iklan : 252
  • CTR halaman : 4,6%
  • CTR visitor : 7,2%
  • CPM halaman : Rp. 25.367
  • CPM visitor : Rp. 39.536
  • CPC : Rp. 545

Saya gak melakukan apapun untuk optimasi adsense hari ini, cuma bikin artikel saja, udah, dan saya cek CPM, CTR CPC masih stabil, segituan, mungkin ctr agak turun, tapi masih batas normal.

Jumat, 10 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 194.105
  • Jumlah PV : 5.491
  • Jumlah visitor : 3.584
  • Jumlah klik iklan : 309
  • CTR halaman : 5,6%
  • CTR visitor : 8,6%
  • CPM halaman : Rp. 35.349
  • CPM visitor : Rp. 54.158
  • CPC : Rp. 628

Ada peningkatan CPC dan CTR hari ini, yang otomatis CPM juga naik. berikut kenaikan hari ini

  • CTR naik 1%
  • CPC naik Rp. 83

kelihatanya sih kecil, CTR cuma naik 1%, dan CPC cum naik 83 rupiah, tapi ini bisa menaikan CPM dengan luar biasa, CPM naik Rp. 10.000 an. dan ketika CPM naik 10 ribuan, berarti anda dapat free money 10 ribu/1000pv, dalam hal ini pv saya 5.400, jadi saya dapat tambahan uang Rp. 54.000 , gratis…

Jadi, jangan meremehkan optimasi kecil semacam ini,

Sabtu, 11 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 191.470
  • Jumlah PV : 5.734
  • Jumlah visitor : 3.790
  • Jumlah klik iklan : 287
  • CTR halaman : 5%
  • CTR visitor : 7,5%
  • CPM halaman : Rp. 33.392
  • CPM visitor : Rp. 50.519
  • CPC : Rp. 667

Meskipun CTR menurun, sebesar 0,6%, tapi CPC naik Rp. 39 rupiah, jadi ini cukup menolong stabilitas CPM.

Sekali lagi, jangan remehkan optimasi sederhana, ctr naik 1% dan CPC naik Rp. 100 saja, bisa menambah penghasilan sampai

Senin, 13 Juli 2020

Alhamdulilah sih, pv lumayan naik kemaren, dan meskipun CPC turun tapi CTR naik dikit, jadi lumayan bisa menyelamatkan CPM.

Menambahkan Shoulder Content

Niche saya sebenarnya bukan niche high cpc, jadi kadang cpcnya kecil, oleh karena itu saat ini saya membangun beberapa “Shoulder Content” yang berisi HPK di dalamnya.

Intinya saya akan menggiring semaksimal mungkin orang untuk mengunjungi “Shoulder Content” sehingga Saya bisa memaksimalkan penghasilan saya dengan menggunakan artikel yang full HPK dan Full Optimasi.

Sehingga CPM bisa naik keras, kalo misalkan saya bisa dapet CPM Rp. 100.000 seperti pas main fb ads. dan saya bisa ngirim 10.000 visitor ke shoulder article tersebut, maka saya dari situ saja bisa dapet Rp. 1.000.000.

Kan lumayan, hehehe

Sayangnya saya tidak bisa tracking karena yang punya adsense bukan saya. haduh, apa saya minta rekamin performa url ya, atau minta bikinin unit iklan sendiri untuk test ini..

Jumat, 17 Juli 2020

  • Hasil adsense : Rp. 216.543
  • Jumlah PV : 5.139
  • Jumlah visitor : 3.364
  • Jumlah klik iklan : 280
  • CTR halaman : 5,4%
  • CTR visitor : 8,3%
  • CPM halaman : Rp. 42.137
  • CPM visitor : Rp. 64,389
  • CPC : Rp. 773

ini adalah CPM tertinggi untuk bulan ini, hal yang sangat mempengaruhi hal ini adalah CPC yang naik cukup signifikan, meskipun hanya naik sebesar Rp.100 saja, ini sudah bisa meningkatkan cpm jadi lebih tinggi.

Strategi yang digunakan yaitu menambahkan shoulder content, untuk saat ini saya hanya punya 2 shoulder content yang saya promosikan hampir di setiap postingan saya. shoulder content ini berisi artikel yang sangat dimaksimalkan monetisasinya.

rencana sih saya pengen setidaknya ada 4-5 shoulder content, yang saya promosikan di setiap artikel, sehingga saya bisa memaksimalkan CPC dan CPMnya,

mungkin rencana saya yang selanjutnya adalah menambah 2 shoulder content lagi dan meningkatkan CTR internal link, karena untuk shoulder content yang terahir CTRnya sangat kecil. S
Sedangkan shoulder content yang pertama CTRnya lumayan bagus, bahkan saat ini adalah halaman dengan pv terbanyak.

Sabtu, 1 Agustus 2020

  • Hasil adsense : Rp. 263.844
  • Jumlah PV : 5.762
  • Jumlah visitor : 3.622
  • Jumlah klik iklan : 256
  • CTR halaman : 4,4%
  • CTR visitor : 7%
  • CPM halaman : Rp. 45.790
  • CPM visitor : Rp. 72.844
  • CPC : Rp. 1.030

OK, optimasi CPC saya lumayan berhasil, karena ahirnya bisa meningkatkan CPC dari yang awalnya cuma 500 an menjadi 1000.

Dan saya pikir ini akan naik karena pengalaman saya main fb ads dulu, cpc akan naik sedikit demi sedikit seiring berjalanya waktu, kalo saya dulu sih cpc bisa sampek 1.500 an, saya berharap sih ini bisa lebih ya.

Semoga bisa Rp. 3.000 an. karena saya tau ada orang yang main niche indo dan bisa dapet segitu banyak

optimasinya tetep sama, yaitu nggiring pengunjung ke shoulder artikel yang full HPK. ya meskipun yang ke shoulder Artikel cuma 9-10% tapi gak masalah, yang penting bisa nambah cpc.

sekarang tinggal nambah artikel yang banyak sama revisi artikel yang udah out of date… tapi mungkin nunggu ahir tahun dulu dah.

Senin, 3 Agustus 2020

  • Hasil adsense : Rp. 383.970
  • Jumlah PV : 8.962
  • Jumlah visitor : 5.289
  • Jumlah klik iklan : 491
  • CTR halaman : 5,4%
  • CTR visitor : 9.2%
  • CPM halaman : Rp. 42.844
  • CPM visitor : Rp. 72.592
  • CPC : Rp. 782

Alhamdulilahm traffic naik lumayan dan bisa capai 380.000/day. mungkin jika dilihat CPC turun dan CPM halaman turun.

Tapi sebenere ePMV nya tetep sama 72.000 sama kayak 2 hari sebelumnya.

Optimasi Adsense tetep sama, dan untuk kenaikan traffic saya ndak tau, mungkin karena saya bulan lalu start link building kecil-kecilan dan ini sudah mulai terindex.