Case Study : Meningkatkan Konversi dengan Optimasi Call To Action Button

  • by

Saat ini saya sebenarnya fokus ke adsense, tapi cara kerja saya itu seperti affiliate yang tujuan utamanya adalah konversi. kalo affiliate konversinya adalah penjualan atau sign up, kalau orang yang jualan online, koversinya adalah ketika pengunjung mengunjungi product page dan membeli disana.

Kalo saya sendiri konversinya adalah agar pengunjung mau klik internal link dan mengunjungi moneypage saya. hal ini untuk meningkatkan Pageview per visitor, dan juga meningkatkan CTR per visitor. dan yang pasti meningkatkan penghasilan dari ads.

Dan cara utama saya untuk meningkatkan konversi adalah dengan mempromosikan moneypage saya ke visitor. Agar mereka klik, dan cara promosi saya adalah menggunakan call to action.

Untuk saat ini konversi call to action saya sebenarnya sudah lumayan bagus. tapi masih perlu banget untuk ditingkatkan.

Sebelum optimasi Call To Action

Saya menggunakan data 10 hari terahir, agar lebih akurat analisa datanya. Visitor saya 10 hari terahir 66.075

Dan klik Call To Action ada 11.893

Jika di hitung, maka CTR call to action saya adalah 18%, lumayan bagus sih, tapi ini masih bisa ditingkatkan.

Proses Optimasi

Untuk saat ini sih saya baru nyiapin satu Varian Call To Action yang akan di tes sih, namun untuk kata-kata call to actionya bisa dirubah-rubah sampai ketemu yang paling bagus.

Rencana saya juga akan membuat beda beda kategori artikel beda call to action, sehingga call to actionya lebih sesuai dengan user intent.

lalu untuk artikel yang gak nyambung sama moneypage, insyaAlloh akan dikasih iklan saja untuk gantiin call to action nya.

Tes akan dilakukan habis ini, dan mungkin akan saya tulis lagi hasilnya kalo udah ada hasil, dan pas gak males nulis.

Hasil #1

Optimasi ke 2

sebenarnya sih 21,4% itu sudah bagus ya…tapi karena pada dasarnya saya doyan optimasi, jadi ya saya pengen naikin lagi hingga maksimal…

Kalo bisa sih CTRnya sampek 50% kalo bisa, wkwkwkwk

Untuk optimasi tahap 2 ini, saya ganti CTA nya menjadi animated Gif, jadi agak intrusif gitu..dan prediksi saya sih bakal naik CTRnya, semoga saja sih bisa 50%, ahahahaha.

Akan di update lagi nanti kalo inget dan kalo gak males. insyaAlloh

Hasil Optimasi #2

Hasilnya sih tak banyak yang berubah, wkwkwk naik cuma 1% doang, ya sudah, mungkin kurang powerful ya

Optimasi Ke 3

Target saya sekarang saya turunkan dikit lah, jadi 30% CTR CTA

Optimais selanjutnya ada 2 sih,

  1. Menambah Call To Action Above the fold
  2. Mengganti Warna Call To Action

Call to action above the fold berisi “Why Take Action” kemudian diikuti “call to action button yang sesuai user intent, ditaruh di awal artkel sih rencana.

Trus Call To Action di ganti warna ijo, saat ini masih pakek warna oranye.