Optimasi CTR SERP (Studi Kasus)

  • by

Ada beberapa artikel saya yang di serp itu CTRnya sangat rendah, padahal impresinya banyak dan rankingnya juga bagus.

Padahal optimasi CTR itu adalah hal krusial untuk mempengaruhi rank brain, karena CTR bisa memberikan sinyal relevansi pada rank brain sehingga dia lebih menganggap artikel saya relevan

Selain itu, Meningkatkan CTR SERP berarti meningkatkan traffic, jika CTR saya naik dari 1% menjadi 20%, maka saya melipat gandakan traffic sebanyak 20 kali lipat.

Yah bisa dibilang Optimasi CTR ini juga termasuk “website audit”, karena saya ngaudit CTR masing-masing artikel dan memperbaiki nya.

Patokan CTR yang digunakan adalah sebagai berikut

sumber : backlinko

Kenapa CTR saya jelek, padahal koten nya sudah sangat super sekali.?

Kelihatanya alasan utamanya adalah karena Judul Yang jelek, dan berikut adalah screenshotnya.

Spesimen artikel #1 kode: PMPAL

ini adalah screenshot 1 artikel saja ya, bukan seluruh website. rata-rata posisi sudah bagus di rank #6 tapi ctrnya mengenaskan, Kalo bisa meningkatkan CTR jadi 20%, setidaknya saya bakal dapet 90 klik/hari, atau 3000 visit/bulan dari 1 artikel saja.

Ini tadi sudah saya ganti Judulnya dengan yang lebih bagus, yaitu:

  • Judul saya sesuaikan dengan querry dari GSC, saya sesuaikan intent nya
  • Kemudian judul saya pendekan dan saya hapus yang kurang membantu
  • Saya kasih Bracket (tanda kurung) karena menurut penelitian, judul yang ada tanda kurung CTR nya lebih bagus
  • Saya juga edit konten nya, memaksimalkan semantic search biar si rank brain lebih mudah mbaca topik artikel.

Itu adalah SS minggu 12 Juli 2020, kita akan tunggu perkembanganya setelah beberapa haru, nunggu sampek judul di serp diganti sama google.

Hasil

  • 13 juli, saya cek querry utama pada naik, jadi pengaruhnya bagus ke serp
  • 21 Juli, CTR menurun, impresi naik, ranking naik

Spesimen artikel #2 Kode : PMPAV

Kalo yg ini sih sebenernya sudah luamayan bagus karena posisi rata2 #8 dapet ctr 7,8%.

Optimasi yang saya lakukan :

  • Memendekan Judul dan menyesuaikanya dengan querry intent di GSC
  • tambah bracket di judul
  • Menambah subheading dan menambah beberapa revisi
  • Tambah beberapa keyword untuk merangking turunan

udah gitu saja, kita tunggu 2 mingguan untuk cek balik apakah CTR naik.

Hasil

  • 21 Juli,CTR menurun, Impresi turun, ranking hampir sama,

Spesimen artikel #3 Kode : PMPFO (+Ganti Tanggal)

Spesimen ini sebenarnya agak parah kalo bisa dibilang,.. karen udah pejwan tapi CTR masih aja dibawah 1%.

ini sama saja seperti berada di halaman 2 google.

Optimasi yang saya lakukan

  • Edit judul sesuaikan dengan querry intent, dan kasih bracket
  • Revisi Struktur artikel sehingga lebih mudah untuk di scaning dan juga memudahkan rank brain untuk bekerja
  • Ganti tanggal posting, mencoba mengabari google bahwa postingan ini baru direvisi.

Udah itu saja, moga moga sih naik… masak ctr cuma 0,8% kan lucu.. padahal pejwan

Hasil

  • 21 Juli 2020, CTR menurun, Impresi naik, ranking naik

Spesimen #4 kode : PMPINV

Rata-rata Rank #8 tapi CTR cuma 4% an… menyedihkan sekali. memang benar pas saya cek judulnya jelek sekali dan tidak HIGH CTR, jadi harus di edit, ini mau sekaligus tak ganti tanggal sama revisi struktur artikelnya.

Trus ada beberapa keyword krusial yg belum tak masukan, jadi harus dimasukan juga. dan dibuatkan headingnya.

Optimasi yg dilakukan

  • Edit judul sesuaikan dengan querry intent, dan kasih bracket
  • Revisi Struktur artikel sehingga lebih mudah untuk di scaning dan juga memudahkan rank brain untuk bekerja
  • Ganti tanggal posting, mencoba mengabari google bahwa postingan ini baru direvisi.

Hasil

  • 21 Juli 2020, CTR Menurun, impresi naik, ranking naik

Spesimen #5 Kode : PMPBRI

CTRnya jelek, harusnya kalo posisi 5 itu CTR bisa 10% bukanya hanya 7%, ok lah kita akali pembaca dan juga rank brain, biar CTR naik dan topical relevance naik.

Optimasi cuma di Judul sama tanggal saja, karena untuk konten sudah lumayan, meskipun gak bagus

Hasil

  • 21 juli 2020, CTR menurun Jauh, Impresi menurun, Ranking stabil

Spesimen #6 Kode : PMPCR

Ini Posisi #5 CTR 10 sih udah normal, tapi beberapa waktu lalu sempet jelek ctrnya, jadi ya ini saya ulik lagi judulnya.

Karena pas saya lihat querry-querry terbanyak, ternyata banyak yg gak klik, dan kemungkinan besar karena judulnya kurang joss.

reivisinya sama

  • Edit judul sesuaikan dengan querry intent, dan kasih bracket
  • Revisi Struktur artikel sehingga lebih mudah untuk di scaning dan juga memudahkan rank brain untuk bekerja
  • Ganti tanggal posting, mencoba mengabari google bahwa postingan ini baru direvisi.

Nunggu 2 minggu lagi dan kita lihat perkembanganya

Hasil

  • 21 juli 2020, CTR naik lumayan, Impresi naik dikit, Ranking naik dikit

Spesimen #7 Kode : PMPJZ

CTR 3 bulan terhair sangat ampas, ya meskipun impresi makin banyak, tapi kalo ctr kaya gini ya kurang maksimal… dan ini pun sangat kurang dari standar

yang saya edit sama,

  • Edit judul sesuaikan dengan querry intent, dan kasih bracket
  • Revisi Struktur artikel sehingga lebih mudah untuk di scaning dan juga memudahkan rank brain untuk bekerja
  • Ganti tanggal posting, mencoba mengabari google bahwa postingan ini baru direvisi.

Hasil

  • 21 Juli 2020, CTR Menurun, Impresi Naik, raking stabil