Lompat ke konten

Cara optimasi Historical Data Untuk Initial Ranking Yang Lebih Baik

  • oleh

Setiap kali saya memposting sebuah artikel, biasanya saya langsung cek rankingnya di google, bahkan penulis saya pun saya kasih monitoring untuk memonitor initial ranking dari setiap artikel yang di post.

Untuk yang belum tau, initial ranking adalah Ranking awal website setelah terindex.

Initial ranking ini sangat penting untuk sebuah website karena mepengaruhi traffic dan juga penghasilan website.

Pentingnya Historical Data Untuk Initial Ranking

Berikut ini adalah analisa yang dilakukan oleh koray tugberg gubur soal historical data dan initial ranking.

Menurut pemahaman saya, yang bisa jadi salah :

  • Google mengambil historical data dari Interaksi Searcher
  • Untuk kebanyakan topik, google sudah punya standar metrik interaksi Searcher seperti CTR, Dan CTR satisfaction, Query Refinement.
  • Sedangkan Untuk topik yang minim data, maka Standarnya masih rendah, maka jika anda bisa CTR dan CTR satisfaction yang tinggi, Source anda bisa jadi patokan standar oleh google (anda jadi knowledge domain)
  • Saat anda jadi Knowledge domain, Statement anda adalah kebenaran bagi google, kalau anda bilang “bumi kotak” maka kalau ada web lain bilang “bumi segitiga” maka google akan menganggap kalau dia salah dan tidak akurat, karena patokan google adalah anda. hal ini juga akan mempengaruhi entity dan attribut dari sebuah topik.
  • Jika ada Source lain (website lain) yang punya CTR lebih bagus dan CTR satisfaction lebih bagus, maka google akan milih dia jadi Knowledge domain. dan entity dan attribut sebuah topik juga akan berubah berdasarkan knowledge domain yang baru tersebut, (kecuali yg di knowlegde graph).

Cara Improve Historical Data Yang bagus

Untuk bisa dapet historical data yang bagus kuncinya adalah “Kepuasan USER dan User Engagement“, tapi kalau dijelasin seperti berikut ini menurut saya :

  • Build historical data dari fresh domain, dari awal harus langsung bikin website super bagus, kalau pakek aged domain pastikan yang kemungkinan besar historical datanya masih bagus.
  • Bikin killer konten yang anti pogo stick dan anti query refinement, super lengkap, super jelas, memanjakan mata, memanjakan skimmer.
  • Harus ada expert : Setiap konten harus ditulis oleh expert, atau minimal di brief oleh expert.
  • Bikin web yang terlihat terpercaya, dengan killer layout yang ketika user masuk, web ini bener-bener ahli di bidangnya dan paling niat diantara web lain :
  • Buatlah user melakukan brand search, bisa pakek video di youtube, tiktok, reels instagram, yang paling penting di youtube, bangun channel bagus untuk naikin brand search
  • Naikan Pageview per visitor : pastikan anda menaruh call to action di setiap artikel, tawarkan solusi atau informasi yang di sukai oleh user berdasarkan topik yang dibahas, contoh call to action yang di kemungkinan disukai oleh user adalah Studi kasus Blog Ngasilin 15 Juta perbulan dalam waktu 5 Bulan, kalau anda mengeklik link tersebut, berarti call to action saya tepat.
  • Tawarkan Lead Magnet : sebenarnya tujuannya adalah untuk naikin pageview per visitor, tapi dengan lead magnet, kita bisa ndapetin database user untuk di remarketing dan rebranding. seperti email atau nomor whatsapp.
  • Jadilah brand top of mind : Blog yang cuma blog biasa kebanyakan akan naik terus turun, cek saja maxmanroe, mastimon, sekarnag sudah turun pamornya, karena tidak ada Brand Positioning yang kuat dan Top of mind awareness yang kuat. orang orang cuma kesana sekali dan tidak kembali, kalau anda bisa membuat seseorang kesana setiap minggu kayak website bola (cek hasil pertandingan), website tool gratisan (ubersuggest, Ahrefs backlink checker), yang jadi top of mind di topik dan produk tertentu. salah satu metrik yang bisa dijadikan patokan adalah brand search (pakek ahrefs, atau google trend)
  • Naikan expertise penulis dengan praktek dan pendalaman materi
  • Main satu niche saja : Untuk menjadi brand top of mind, anda harus main satu niche saja, bayangkan kalau ahrefs bikin artikel tentang cara mengobati panu, pasti ackward dan gak relevan sama audience nya, dan itu bisa dilute brand positioningnya. jadi Main satu niche saja,
  • Buat Produk solusi untuk target audience : Salah satu naikin brand adalah dengan menyediakan produk solusi untuk banyak orang, semakin banyak orang yang masalahnya teratasi oleh website anda, maka brand anda akan semakin kuat, engagement akan tinggi, dan user experience akan naik, contoh produk solusi adalah tool backlink checker punya e ahrefs, DA PA checker, kalkulator berat badan, dll.
  • Kumpulkan database user : saat anda memiliki database user yang banyak, anda bisa mendapatkan traffic yang tinggi, penjualan banyak, brand awareness tinggi, dan juga optimasi lain untuk brand anda. bayangkan anda punya 1.000.000 nomor whatsappp target market anda,.;.. anda bisa dapat 1.000.0000 visitor baru tiap bulan hanya dengan blast whatsapp saja.
  • Buat komunitas : Saat user punya masalah dan butuh tempat bertanya, komunitas adalah yang paling bagus untuk bertanya dan sharing, dan jika komunitas tersebut adalah forum di website anda, anda akan dapat banyak user rutin jika komunitas sudah terbentuk dengan baik.
  • Berinteraksilah dengan user : buatlah ikatan dengan audience anda, karena saat user mengidolakan kita, dan dia mendapatkan perhatian dari orang yang di idolakan, maka itu akan membuat brand tersebut menjadi top of mind i mata orang tersebut, Untuk bisa berinteraksi anda butuh youtube, facebook, instagram, dll.
  • Lakukan Omni Channel Marketing : Promosikan Website dan Layanan Anda di channel manapun dimana target market anda berada.
  • Buatlah Buku : Kalau website tersebut adalah Personal branding, bukan company branding, maka anda bisa menerbitkan buku anda sendiri, dengan adanya buku, anda akan terlebihat expert di bidang yang anda geluti. dan anda sudah bisa menjadi calon authority di topik anda.
  • Pastikan Hosting Anda Bagus : Hosting drop beberapa jam bisa berakibat fatal, ranking bisa turun, karena CTR satisfaction turun dan juga Pogo Stick Naik
  • Speed Website Harus Bagus : User Sekarang Suka nya instant, kalau website anda terlalu lemot akan berdampak pada interaksi user dan mempengaruhi historical data dari website anda
  • Cegah Terjadinya Error dan Hack : Cegah Terjadinya error, backup data, jangan gunakan plugin atau theme null, gunakan passoword dan username yg kuat, perkuat security.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *