(Case Study) Optimasi Keyword Utama

  • by

Jadi saya kan main di niche yang cukup sempit, dan saya berniat untuk bisa merangking keyword utama niche ini, namun karena ini adalah keyword utama, jadi ya persainganya juga lumayan sekali.

Cukup menantang kan persainganya, ini lebih tinggi persainganya dibandingkan dengan case study menaikan ranking saya sebelumnya,

Namun saya ada beberapa PR untuk menaikan keyword ini. antara lain

  1. Keyword utama dirangking oleh artikel dummy saya (kanibalisasi keyword)
  2. Persaingan di pejwan lumayan ketat, (detik, cekaja, suara, cnn, blibli, tirto, kompas, dan web authority di niche saya yang backlink ke innerpagenya gilaaaa)
  3. rata rata artikel di halaman 1 memiliki 26 backlink, tapi insyaAlloh gak masalah, karena sebelumnya rata-rata backlink di pejwan adalah 10, dan alhamdulilah saya bisa rank 1 hanya dengan modal 1 backlink saja, karena fokus di expertise dan trustworthyness

Grand plan

rencana saya untuk bisa memenangkan ini ada beberapa langkah

  1. Menyelesaikan masalah kanibalisasi keyword (selesai)
  2. Membuat artikel yang super duper lengkap memukau dan menyelesaikan masalah user (selesai)
  3. Ngirim pagerank sebanyak mungkin dari setiap artikel pendukung (sudah)
  4. Pakek backlink jika ternyata masih kurang kuat pondasi pageranknya

Intinya, saya mungkin belum bisa menang jika cuma modal jumlah backlink, namun disini saya insyaAlloh bisa menerjang pejwan dengan topical relevance dan authority website (bukan DA moz ya), karena saat ini saya sudah bikin 150 artikel dengan niche tersebut yang bisa digunakan untuk mengirim sinyal ke google bahwa saya expert dan trustorthy di bidang ini.

udah gitu doang, untuk saat ini saya sudah melakukan fase 1,2,3 tinggal backlink saja yang belum karena masih nunggu dana untuk beli, dan saat ini google mungkin ada masalah di indexing, jadi usaha saya untuk merevisi pillar post dan melakukan canonicalization belum terdeteksi google, mungkin kita sabar saja dulu, dan berusaha mengejar keyword yang selanjutnya, sambil menunggu indexing issue ini.

15 Agustus, Semua step onsite sudah selesai

Semua optimasi onsite sudah saya lakukan, saya sudah memperbaiki struktur website dengan menggunakan internal link building yang baik, saya juga sudah membuat artikel yang super.

Karena optimasi onsite baru saja selesai, saya akan menunggu hingga kenaikan rangkingnya mentok. Saya akan tunggu 7 harian lah, kemudian baru kasih backlink biar naik.

Saat ini, artikel utama sudah merangking 15 keyword utama dan turunan yang ditarget (total volume 69.000 pencarian/bulan), kita tunggu sampek mentok, baru nanti suntik backlink 1-2 biji, insyaAlloh 2 cukup karena pondasinya sudah lumayan kuat

OK dah, akan di update kalo sudah ada kenaikan, dan mentok, baru di backlink.