Solusi Satu atau Beberapa Artikel Deindex

  • by

pagi ini saya mengecek rangking keyword utama saya yang menyumbang traffic terbesar di blog, dan mendapati bahwa rangkingnya hilang semua.

Kemudian saya cek site:urlblog, dan ternyata url artikel utama saya ini tidak terindex, tapi pas saya cek artikel lain semuanya masih terindex dan rangking juga stabil.

Kenudian saya berpikir.

Kenapa artikel saya deindex? apakah karena backlink yang saya kirim ke artikel, atau karena ada abusing anchor text di internal link, atau karena ada bug di sistem indexing milik google,

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya mengalami ini, dulu pernah juga, dan untuk mengatasi ini caranya cukup mudah.

Solusinya bagaimana ?

Submit URL di Search Console

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu submit ulang artikel anda ke search console, agar si google crawler kembali merayapi artikel dan mengindexnya ulang

Jika anda tidak terkena manual penalty, insyaAlloh cara ini saja sudah cukup untuk membuat artikel anda terindex kembali

Butuh Berapa Lama Waktu Agar Terindex

Saat pertama kali mengalami masalah ini, artikel saya butuh waktu 2 hari untuk terindex kembali, entah karena memang ada masalah di indexing atau bagaimana kok bisa lama, padahal biasanya saya ngindex artikel beberapa detik langsung muncul.

Namun untuk kali ini, hanya butuh waktu beberapa detik sampai terindex sempurna

Apakah Ranking Menurun Setelah Index Ulang?

Jawabanya adalah tidak, rangking saya alhamdulilah kembali ke #1 google, jadi kemungkinan kesalahan tidak di alogaritma google, tapi di indexing problem.

kalo ada masalah di alogaritma juga, maka otomatis ranking saya akan turun, karena index storage dan alogaritma adalah 2 bagian yang berbeda.

Sumber gambar : neilpatel.com

Udah gitu saja sih,