Satu Website atau Banyak Website? Mana Lebih Baik

Mungkin banyak orang yang berpikiran punya banyak website, karena dengan banyak website bisa dapet traffic lebih banyak, dan profit lebih banyak…

Saya yakin anda pun begitu…

Lalu mending satu website atau banyak website? mana yang lebih baik?

Untuk Pemula Tanpa Tim dan Sistem : Lebih Baik Satu Website

Jika anda masih awal merintis karir, anda sebaiknya fokus menggarap satu website saja, yang anda rawat, anda optimasi All Out. tiap hari tiap malam.

Dulu ketika saya mulai ngeblog, dan bisnis online, saya punya banyak website, dan juga punya jasa artikel. semuanya berjalan lancar, meskipun tidak banyak, tapi alhamdulilah cukup lah untuk sehari-hari meskipun harus berhemat dan kadang masih minta orang tua.

Tapi karena saya ingin dapet penghasilan lebih banyak, dan saya tau biang keladinya adalah gak fokus.. ahirnya saya memutuskan untuk membuang semua website saya yang lama, dan juga saya ndak nerima jasa artikel lagi.

kemudian saya bener-bener fokus ngerjain satu website yang saya optimasi gila gilaan, mulai dari kualitas artikel, authority hingga CRO adsense (optimasi adsense).

Dan Alhamdulilah dalam waktu 10 bulan, saya bisa dapet 10 juta perbulan dari website ini.

Kok bisa sih cuma fokus satu website malah bisa berkembang lebih cepat dibandingkan banyak website..?

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa video yang bilang kalo bikin beberapa bisnis sekaligus itu ndak baik untuk yang masih awal, belum punya tim dan sistem yang bisa autopilot.

Video2 berikut ini mungkin yang dibahas adalah multiple bisnis, tapi sebenarnya ini prinsipnya sama saja dengan multiple website.

Nasehat Dan Lok

Dan lok di awal video bilang “Dont try to run multiple businesses simultaneously”, di juga menasehati hampir semua semua orang yang tanya..

“Focus on one thing, and do that very very well” selengkapnya lihat saja videonya

Nasehat Marie Forleo

Marie forleo bilang, “If fast growth and greater chance of higher revenue more quickly are important to you right now, focus on just one business”

Intinya sih, kalo anda ingin perkembangan yang lebih cepat, dan kemungkinan daoet revenuew lebih cepat dan besar, maka fokus saja ke satu bisnis saja.

Nasehat Kwame Kwadey

Dia bilang, jika anda masih awal mulai bisnis dan belum punya sistem, maka fokus satu saja. karena banyak bisnis di awal bikin kami kedistract

Kapan bikin bisnis baru, usahakan bisnis pertama anda harus sukses dulu, dan bisa berjalan secara autopilot, kemudian baru anda bisa memulai bisnis lain, karena anda ndak perlu ngurus bisnis anda yang lama karena sudah autopilot.

Intinya sih kalo belum punya tim dan sistem yang bikin auto pilot, maka sebaiknya sih cuma satu website saja.

Solusi Pemula Website yang ingin nambah sumber income

Saya yakin, tujuan anda ingin memiliki website banyak itu baik, ingin dapet income dari beberapa tempat sekaligus.

Tapi sayangnya jika anda melakukan hal itu, tanpa keahlian manage yang bagus maka ini malah bakal memperlambat kamu untuk berkembang.

Solusinya bagaimana biar bisa nambah stream of income?

Investasi

Jika kamu sudah punya penghasilan yang cukup lumayan dan belum punya tim dan sistem autopilot, maka sebaiknya anda investasi saja ke bisnis orang lain, atau anda bisa berinvetasi di tempat yang passive.

Contoh investasi yang bisa anda pilih adalah :

  1. Saham (pilih yang syariah)
  2. Tanah + ditanami pohon jati atau yang lain.
  3. Bangunan yang disewakan
  4. Kos-Kosan
  5. Bisnis orang lain
  6. Emas antam
  7. Gaduh Sapi/Kambing
  8. dll

Kalo bisa carilah investasi yang anda bener-bener paham, kalo ndak ada yang paham ya cari saja yang resikonya paling kecil, contohnya emas, tanah, atau gaduh sapi/kambing ke orang yang bisa dipercaya.

Tapi ya ketika investasi itu resiko kecil, maka hasilnya pun biasanya kecil. Kecuali bisnis, karena bisnis modal kecil kalo diolah dengan baik hasilnya banyak.

Tapi kalo anda bisa saham dan sangat paham, anda bisa ke saham tapi usahakan yang syariah biar ndak riba atau kecampuran barang haram. bisa juga ke reksadana atau campuran.

Dengan ini insyaAlloh anda bisa menambah stream of income anda.

Kalo saya sendiri sih rencana invest ke usaha istri, karena insyaAlloh setelah rumah jadi, dia mau bikin usaha kebab, jadi ya saya tinggal invest saja, biar istri yang ngurus usahanya sendiri dan saya bisa fokus ngurus website dan tim penulis.

Resiko Punya Banyak Website untuk Pemula

Sekarang saya kan jelaskan beberapa resiko punya banyak website untuk pemula yang belum punya tim atau sistem autopilot.

Biaya Operasional Besar tapi Hasil Kurang Maksimal

Hal pertama resikonya adalah biaya operasional besar tapi hasil kurang maksimal.

Anda tau sendiri bahwa untuk membuat website, mengoptimasinya dengan baik dan juga membesarkanya itu butuh biaya.

seperti

  • Biaya bikin artikel
  • Biaya backlink
  • Biaya promosi
  • Biaya hosting
  • Biaya domain

Kalo artikel bagus, backlink bagus, promosi bagus sih gak masalah, karena insyaAlloh website anda bisa naik, tapi kalo ndak ya anda harus melakukan pengecekan kualitas artikel agar kualitas terjaga, cek optimasi onpage dll yang mana itu bakal butuh banyak waktu dan tenaga.

Kalo anda masih belum punya modal maka anda harus bikin semua artikelnya sendiri, dan harus bikin backlink semuanya sendiri, sambil harus ngurus website utama anda, dan juga beberapa website lain.

Tenaga Banyak Hasil Kurang Maksimal

Jika anda masih pemula, dan belum punya modal, maka anda cuma bisa bikin maksimal 2-3 artikel berkualitas tiap hari.

ini pun biasanya sudah ngeden sih menurut saya, kecuali kalo nulisnya agak asal yang penting jadi.

Tapi sesuai pengalaman saya sih paling biasanya sehari 1-2 artikel saja.

Jika anda punya satu website saja maka dalam setahun website anda tersebut sudah ada 300-600 an artikel, sudah jadi website besar lah.

Tapi kalo anda punya 5 website, maka paling satu website udah ada 100 artikel dan 4 lainya hanya ada 50 an artikel. bahkan bisa kurang dari itu.

Karena tiap website butuh optimasi juga kan, sehingga kemampuan anda dalam menulis tiap hari akan berkurang

Ini hanya nulis artikel lho ya, belum bikin backlink, optimasi onpage, optimasi adsense, dll.

Akan butuh waktu dan tenaga extra untuk ngurus 5 website sendirian.

Dan jikapun bisa, maka hasilnya akan kurang maksimal, kecuali anda sudah punya tim atau sistem yang bagus.

Mengurangi Resiko Cuma punya Satu Website

Punya satu website saja itu sama seperti berdiri dengan satu pilar saja, jika pilar tersebut hancur, maka bangunan akan hancur juga. tanpa sisa.

Jika website anda hanya satu dan website anda mengalami gangguan, maka penghasilan anda akan lenyap begitu saja.

itu kalo pilar anda kecil, tapi kalo pilar anda besi beton berdiameter 20 meter ya insyaAlloh bakal sangat kuat sih, dan anda tidak perlu terlalu khawatir yang penting selalu jaga kualitas dan kepatuhan anda pada TOS google (kalo anda main di google)

tapi tetap saja anda harus mempunyai cadangan rencana, karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, bahkan raksasa dunia Nokia saja tumbang.

Untuk mengurangi resiko, anda bisa menabung, berinvestasi dan membangun sistem autopilot.

Menabung

Tabungan ini berfungsi jika terjadi apa-apa, anda tinggal bangun saja website lagi secara all out, karena anda sudah bisa dan tau seluk beluknya. dan jika anda punya tabungan yang cukup banyak, anda pun bisa hidup dengan layak dari tabungan tersebut selama beberapa tahun atau beberapa puluh tahun.

Berinvestasi

Menurut saya ini adalah yang paling penting, karena jika investasi anda sudah banyak, maka anda akan dapat passive income.

Bahkan jika anda sudah capek ngeblog pun, jika passive income anda sudah banyak, anda bisa pensiun dan mewariskan website anda ke anak anda atau keluarga anda.

Membangun sistem auto pilot

Jika anda tidak berusaha membangun sistem website auto pilot, anda akan selamanya stuck di ngurus website saja, dan ndak berkembang ke tahap selanjutnya.

Dengan membangun sistem website autopilot, anda bisa membuat banyak website dan semuanya akan berkembang dengan pesat karena masing-masing tim bisa berfokus pada website yang dikelola masing-masing divisi.

Expert : Satu website atau Banyak Website Sama sama baik

ketika anda sudah expert dalam blogging, sudah punya tim yang solid dan berkualitas, serta sudah punya sitem yang bisa auto pilot, maka anda insyaAlloh sudah bisa untuk punya banyak website.

Skill Management yang baik

hal pertama yang perlu anda harus miliki adalah skill management yang baik, antara lain

  • Manage Tim
  • Manage keuangan perusahaan anda
  • Manage waktu

Skill management adalah skill pertama yang harus anda miliki, ketika anda bisa memanage semua tim, maka akan lebih mudah untuk membuat website anda auto pilot.

Tim yang berkualitas dan berilmu

Kualitas website anda dan bisnis anda secara umum tergantung dari kualitas tim anda, jika tim anda ndak pinter nulis, dan bisa optimasi dll, maka website anda tentu akan sulit untuk berkembang jadi besar.

Dan untuk mendapatkan tim yang bagus, anda harus bagus di rekrutmen tim.

Sistem Kerja Website Autopilot

Ini adalah yang paling penting, jika anda sudah memiliki skill management yang baik dan tim yang baik, maka hal selanjutnya adalah membuat sebuah sistem kerja autopilot.

Dimana website anda bisa berjalan dengan otomatis tanpa campur tangan anda, namun tetap sama berkualitasnya seperti saat anda menghandle nya, atau kalo bisa ya lebih baik dari pada ketika anda handle.

Jika anda punya sistem ini, anda tinggal mikir scale up saja. dan semua website anda insyaAlloh akan baik baik saja dan terus berkembang.

Kunci utama ada di kualitas tim, sitem quality control, dan sistem kerja, serta pelatihan tim yang baik dan saling berkesinambungan.

Kesimpulan

Jika website utama anda masih belum bisa autopilot atau semi auto pilot (tetep menjaga kualitas ya) maka sebaiknya anda hanya punya satu website saja yang anda rawat dengan baik.

Serta anda usahakan untuk membuat sebuah tim solid agar website tersebut bisa berjalan tanpa anda.

Jika sudah bisa autopilot atau 95% auto pilot, maka anda bisa memulai website lain.

Yah begitulah intinya, ini cuma catatan pribadi, karena dengan menulis, kita bisa lebih paham apa yang kita pelajari, dan jika kita bisa menyampaikanya dengan sederhana, maka itu berarti kita sudah menguasainya.

4 tanggapan pada “Satu Website atau Banyak Website? Mana Lebih Baik”

  1. Kalau mas Aqil sendiri saat ini sudah mulai untuk ekspansi di beberapa website atau masih fokus build 1 website besar mas?

  2. Saya sih ada beberapa website saat ini, tapi ya masih kurang optimal, karena tim saya dan sistemnya belum terbangun dengan bagus…, jadi ini rencana sedang bikin sistem biar bisa autopilot dulu, baru nanti scale up insyaAlloh

  3. Thanks mas, saya tiap pagi mengunjungi blog ini. Terus update mas, saya hampir selesai baca semua tulisan sampean dan saya merasa cocok dengan cara berfikir sampean.

    Terima kasih sebanyak banyak mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *