Lompat ke konten

Mengoptimalkan Penggunaan Search Console Rank Tracker

  • oleh

Ini cuma catatan pribadi, cara ini adalah sebagai pengganti Rank tracker berbayar.

Biasanya kita cuma ngeliat rank website kita secara garis besar saja melalui GSC, tapi sebenarnya GSC ini bisa lebih baik lagi dan membantu kita menganalisa jika menggunakanya dengan lebih baik. berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan,

Gunakan Kolom Halaman, sebagai default cek Rank

Sort tayangan sehingga yang teratas adalah yang tayangan urlnya paling tinggi.

Semakin tinggi tayangan maka semakin banyak pula pencarianya tiap bulan, dengan ini kita bisa tau

  • Kenaikan dan penurunan ranking masing-masing halaman
  • Kita bisa cek bagaimana peningkatan serp untuk halaman yang kita optimasi, misalkan kita optimasi internal link, apakah rankingnya naik atau turun, gitu, kalo rank turun tayangan turun berarti optimasi gagal

Jadi ini bisa kita gunakan sebagai acuan apakah optimasi gagal atau berhasil, kalo mentok berarti harus cari cara baru.

Contohnya adalah artikel dibawah ini

Saya sudah mengoptimasinya dengan mentok, saya kasih internal link lumayan banyak, dan tetap saja, rankingnya mentok di rank #8 an, untuk bulan ini.

Jadi optimasi internal link hanya bisa membawa artikel ini mentok di rank ini, dan untuk naik lagi, kita butuh metode baru, seperti penambahan backlink, yang sampai saat ini belum saya gunakan untuk inner page, karena ini masih fokus ke home. Itupun masih sedikit.

Nanti setelah kita optimasi, kita akan terus pantau rank nya melalui GSC ini.

Penurunan Ranking

berikut ini adalah artikel yang mengalami penurunan ranking.

Turunya agak parah, saya tidak tau kenapa, tapi ini memberikan kita insight bahwa ada artikel kita yang performance nya turun, sehingga ini butuh dioptimasi ulang agar bisa naik lagi.

Untuk internal link sepertinya artikel ini belum saya kasih, jadi kemungkinan akan saya kasih dan akan saya cek lagi apakah bisa naik kembali atau tidak

Fokus Optimasi Halaman Dengan Tayangan Tertinggi dan Rank Buruk

Selalu gunakan konsep pareto, yaitu berikan fokus lebih pada 20% artikel yang menyumbang tayangan terbanyak terlebih dahulu.

Jika sudah, baru anda lanjut ke yang lainya.

Pastikan 20% artikel tertinggi mendapatkan treatment pertama dan paling maksimal, apalagi yang performanya kurang baik., seperti contoh dibawah ini

Rank dari artikel tersebut masih dibawah Rank #4, jadi harus dioptimasi sehingga bisa naik dan bisa memberikan banyak klik dan traffic untuk website kita